Jumlah Pekerja Pasca Pensiun Naik Tajam

Jumlah orang tua yang berencana untuk tetap bekerja setelah memasuki usia pensiun meningkat sangat tajam dalam tua tahun belakangan. Demikian menurut hasil sebuah survei yang dilakukan di Inggris.
Menurut survei bertajuk "Employee Outlook" yang dilakukan atas 2,000 karyawan oleh Chartered Institute of Personnel and Development (CIPD), proporsi orang berusia 55 tahun ke atas yang berencana untuk bekerja setelah pensiun naik menjadi 71%, berbanding hanya 40% dua tahun lalu.
Ditemukan bahwa penyebab utamanya adalah faktor-faktor keuangan, seperti disebutkan oleh 71% responden berusia 55 tahun ke atas.
Survei juga memperlihatkan, semakin bertambah umur, karyawa punya kecenderungan untuk semakin bersemangat merencanakan kerja pasca-pensiun. Hal itu diduga karena kenyataan bahwa semakin usia bertambah, masa pensiun pun semakin dekat.
Hanya 30% dari karyawan berusia 18 hingga 24 tahun yang memiliki rencana untuk bekerja di usia pensiun. Sementara, 52% dari responden kelompok umur yang sama mengatakan tidak tahu, dan 15% mengaku, tidak berencana bekerja setelah pensiun.
Penasihat masalah reward pada CIPD Charles Cotton mengatakan, "Para pimpinan perusahaan perlu meninjau bagaimana mereka bisa membantu karyawan untuk menabung guna mempersiapkan masa pensiun."
"Dengan semakin banyaknya orang yang berencana bekerja setelah pensiun, perusahaan perlu mengakomodasi karyawan usia tua dan memotivasi mereka yang berharap masih bisa diterima di perusahaan mana saja," tambah dia.

Tags: