Jamsostek Merasa Paling Tepat Selenggarakan Jaminan Pesangon PHK

Gagasan pemerintah membentuk sebuah badan yang menyelenggarakan jaminan pesangon bagi karyawan yang di-PHK disambut oleh Jamsostek. Lembaga ini langsung pasang badan dan mengklaim sebagai pihak yang paling tepat untuk mewujudkan ide itu, ketimbang perusahaan swasta atau BUMN asuransi lainnya.

Dirut Jamsostek Hotbonar Sinaga mengatakan, konsep tentang jaminan pesangon PHK tersebut sebenarnya hanya merupakan perluasan dari jaminan sosia pekerja, yang selama ini sudah diselenggarakan oleh Jamsostek. “Ini jualan Jamsostek. Secara teknis dan normatif Jamsostek yang sangat tepat (menyelenggarakannya),” ujar dia dalam temu sosialisasi direksi perusahaan di Jakarta, seperti dilaporkan Bisnis Indonesia, Kamis (24/5/07).

Ide pembentukan badan penyenggara jaminan pesangon PHK tersebut merupakan bagian dari isi draf peraturan pemerintah tentang pesangon yang dijadwalkan terbit akhir Mei ini. Badan tersebut bisa berupa single provider yang melibatkan industri asuransi umum dan jiwa, atau melibatkan dana pensiun.

Namun, menurut Hotbonar, jika pemerintah menunjuk perusahaan asuransi swasta, akibatnya akan sangat riskan. Sebab, jika terjadi salah investasi atau salah manajemen bakal tidak ada yang menanggung. Begitu pula, lanjut dia, jika yang ditunjuk nanti BUMN asuransi seperti Jasindo dan Jiwasraya, akan menimbulkan masalah. “Perusahaan asuransi lainnya yang non-BUMN akan cemburu,” ujar dia.

“Beda dengan Jamsostek, karena keamanan dana dijamin pemerintah,” dalih Hotbonar. Disinggung soal besarnya iuran untuk jaminan pesangon tersebut, Hotbonar mengaku, Jamsostek belum punya konsep yang pasti. “Harus mempertimbangkan kemampuan masing-masing perusahaan,” tambah dia.

Tags: ,