Inspirasi Jahja Setiaatmadja di CEO Speaks on Innovation

ceo speak on innovation

BINUS Business School (Binus) kembali menyelenggarakan CEO Speaks. Acara rutin yang digelar sejak 2003 ini berkesempatan menghadirkan Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur PT Bank Central Asia, Tbk. Diskusi yang berlangsung di Kampus Binus “The Joseph Wibowo Center for Advanced Learning”, di kawasan Senayan, Jakarta, kemarin (19/1) berlangsung meriah.

Karir Jahja Setiaatmadja di BCA, dikenal sebagai Direktur BCA sejak 29 Desember 1999. Kemudian ia, terpilih lagi sebagai Wakil Direktur Utama BCA pada 26 Mei 2005. Pada 12 Mei 2011 silam, Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) BCA memutuskan untuk mengangkat Jahja menjadi Presiden Direktur.

Kiprah Jahja selama ini telah ikut mendorong pertumbuhan jangka panjang BCA di Indonesia hingga ia pun dianugerahi penghargaan sebagai Most Favourite Leadership of the Year 2010 dan CEO of the Year 2011 versi Indonesia Property & Bank Award 2011. Pria berkacamata yang memiliki hobi bermain golf ini menuntaskan pendidikan sarjana di Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

Reputasi gemilang yang dimiliki oleh Jahja sebagai Presiden Direktur BCA lebih mengembangkan kapasitas tim kerja dan tetap dengan prinsip kaderisasi. Tidak ada perubahan mendasar pada tubuh BCA karena terjadinya perubahan sudah merupakan budaya BCA dalam berinovasi.

Binus sendiri menjadikan CEO Speaks on Innovation sebagai tema besar CEO Speaks tahun ini. Firdaus Alamsjah, Executive Dean Binus Business School menjelaskan hal ini mengingat kian maraknya kompetisi di dunia bisnis yang menuntut perusahaan untuk terus mengembangkan inovasi ke arah pasar global.

Menurut Firdaus, pertumbuhan sebuah perusahaan tidak terlepas dari gaya kepemimpinan CEO-nya, baik dalam membentuk budaya perusahaan, mengantisipasi perubahan, menggiatkan inovasi dan memaksimalkan sumber dayanya. “Melalui tangan dingin CEO sebuah perusahaan dapat menempati posisi teratas dalam bisnis bahkan dapat dikenal di kancah internasional,” imbuhnya.

CEO Speaks on Innovation, lanjut Firdaus, tidak hanya sebatas sharing knowledge, tetapi diharapkan dapat menjadi inspirasi dalam menjalankan kegiatan bisnis kita kedepannya. “Kalau hanya sekedar knowledge bisa dengan mudah kita dapatkan di buku, tetapi words of wisdom dari seorang praktisi atau CEO hanya bisa kita dapatkan melalui acara-acara semacam CEO Speaks ini,” tukas Firdaus. (*)

Tags: ,