Inilah Pekerjaan Impian Masa Kecil versi LinkedIn Research

dream jobs 2

SELAIN memiliki tokoh super hero, diakui kita ternyata memiliki pekerjaan impian sewaktu masih anak-anak. Nah, beruntung LinkedIn, jaringan profesional terbesar di dunia dengan lebih dari 187 juta anggota, membantu kita untuk mengingat-ingat kembali tentang pekerjaan impian pada masa kecil yang paling populer berdasarkan jumlah anggota profesional di LinkedIn yang memiliki pekerjaan impian pada saat ini.

Sebagai bagian dari survei “Dream Jobs,” LinkedIn telah menanyakan kepada lebih dari 8.000 anggota profesional global (termasuk 406 anggota di Indonesia) untuk mempelajari pekerjaan impian yang paling umum dan berapa orang yang mencapai cita-cita masa kecil mereka.

Hasil survei menunjukkan bahwa pekerjaan impian di masa kecil untuk laki-laki di Indonesia adalah:

1. Teknisi 15,5%

2. Pilot pesawat terbang atau helikopter 9,2%

3. Ilmuwan 8,5%

4. Dokter/Suster 7,6%

5. Tentara 6,6%

Sedangkan para profesional perempuan di Indonesia mengaku bahwa pekerjaan impian di masa kecil mereka adalah:

1. Dokter/Suster 20,2%

2. Guru 13,5%

3. Penulis (Wartawan/ Penulis Novel) 7,9%

4. Teknisi 7,9%

5. Ilmuwan 5,6%

Satu dari tiga pengguna LinkedIn yang disurvei secara global (30,3%) menyatakan bahwa saat ini, mereka memiliki pekerjaan yang mereka impikan pada masa kecil atau pekerjaan yang berkaitan dengan cita-cita mereka pada masa kecil. Anggota LinkedIn yang tidak memiliki pekerjaan impian menyebutkan “setelah saya menjadi dewasa, saya tertarik dengan karier lainnya” sebagai alasan utama untuk bekerja di bidang lain (43,5%).

“Memahami passion dalam bekerja merupakan hal yang penting agar kita tetap produktif dan merasa puas,” ujar Marvin Suwarso, Owner, Certified Business & Executive Coach di ActionCoach. Ia menambahkan, “Pekerjaan yang kita impikan ketika kita masih anak-anak dapat membantu untuk memahami passion dan meningkatkan diri dalam pekerjaan yang kita miliki saat ini.”

Lebih dari 70% peserta survei menyebutkan bahwa faktor paling penting untuk pekerjaan impian adalah “kepuasan saat bekerja.” Faktor kedua adalah “pekerjaan yang membantu orang lain” (8%), dan “gaji tinggi” adalah faktor terpenting ketiga (6%).

LinkedIn juga mengamati anggota yang memiliki pekerjaan yang baik. Misalnya, di Indonesia ada lebih dari 9.000 anggota LinkedIn yang bekerja sebagai CEO, lebih dari 8.900 di bidang fitness/atletik dan lebih dari 7.700 anggota sebagai fashion stylist.

Tips berikut ini dapat membantu Anda untuk mengejar pekerjaan impian Anda:

1. Ikuti perusahaan impian Anda di LinkedIn. LinkedIn memiliki lebih dari 2,6 juta Halaman Perusahaan (Company Page). Jika Anda mengikuti sebuah perusahaan di LinkedIn, Anda akan mendapat update untuk lowongan pekerjaan di perusahaan tersebut, karyawan yang baru bergabung atau yang telah meninggalkan perusahaan, dan informasi menarik lainnya.

2. Dapatkan tips dari profesional terkemuka di dunia. LinkedIn memiliki fitur baru yang memungkinkan Anda untuk mengikuti dan mendapatkan update dari profesional terkemuka seperti Richard Branson, Arianna Huffington dan lainnya.

3. Tambahkan keahlian yang relevan di profil Anda dan bergabung dengan grup di LinkedIn yang berkaitan dengan pekerjaan impian Anda. Misalnya, meskipun Anda tidak tahu cara menerbangkan pesawat, kemampuan marketing dan minat Anda untuk industri penerbangan memungkinkan Anda untuk mendapatkan posisi marketing di sebuah perusahaan penerbangan. Pastikan bahwa Anda menambahkan keahlian dan grup di profil Anda, agar profil Anda dapat ditemukan melalui pencarian tingkat lanjut di LinkedIn.

Nah, kini Anda pun bisa membuka kembali ‘dream book’ Anda dan mencoba mencocokkan apakah pekerjaan saat ini merupakan pekerjaan yang benar-benar Anda inginkan. Bukankah arti pekerjaan impian adalah pekerjaan yang nyaman dan membuat Anda bahagia? (*/@erkoes)

 

Tags: ,