Ingin Sewa Apartemen Murah? Siapkan Kartu Jamsostek

Tinggal di apartemen dengan harga sewa yang murah, sebentar lagi akan menjadi kenyataan bagi para karyawan. PT Jamsostek akan memberikan fasilitas tersebut kepada para angotanya. Jadi, jika Anda sudah memiliki kartu Jamsostek, bersiaplah dari sekarang.

Jamsostek akan memberikan layanan fasilitas sewa apartemen murah atau rumah susun sederhana sewa (rusunawa) seharga Rp 100-000 hingga 130.000 per bulan. Pada 2011, Jamsostek akan membangun rusunawa tersebut di Batam dan Surabaya.

Hal itu merupakan bagian dari upaya Jamsostek memberikan keringanan bagi para pesertanya yang ingin mendapatkan tempat tinggal murah yang layak. Direktur Jamsostek Hotbonar Sinaga mengatakan, saat ini di Batam telah ada dua lokasi rusunawa super murah, yaitu di Kawasan Industri Kabil yang terdiri atas 6 blok dengan biaya sewa Rp 100.000 – 139.000 per bulan. Keenam blok itu bisa menampung 1200 orang pekerja peserta Jamsostek.

Lokasi kedua ada di Muka Kuning Batam, berjumlah dua blok yang bisa menampung 312 pekerja dengan tarif lebih murah lagi, yakni Rp 100.000 – 130.000 per bulan.
“Kami akan meresmikan pada 8 Oktober 2010, oleh tiga menteri yaitu Menteri BUMN, Tenaga Kerja dan Perumahan Rakyat,” jelas Hotbonar kepada detikcom di Jakarta, Kamis (23/9/2010) malam.

Dijelaskan, untuk mendapatkan fasilitas tersebut tidak ada syarat khusus, yang penting adalah peserta Jamsostek dimana perusahaan bersangkutan membayar iuran secara tertib. Saking tingginya minat peserta, saat program ini dibuka, rusunawa sewa langsung ludes dipesan.

Manajemen rumah susun tersebut dikelola oleh anak usaha Jamsostek. Hotbonar menghimbau pemerintah daerah di wilayah lain bisa menyediakan tanah murah untuk dibangun rusunawa super murah oleh Jamsostek. Pihaknya hanya akan memenuhi permintaan dari pemda untuk pembangunan rusunawa ini. “Tahun depan akan dilanjutkan 14 blok di Batam juga. Kalau di Jawa mungkin di Surabaya, tapi belum tahun berapa bloknya,” kata dia.