Ingat, Kamis 9 April Hari Libur

Pemilu sama dengan libur panjang? Yes! Sekadar mengingatkan kembali dan untuk menghapus keraguan, hari pencontrengan Kamis 9 April adalah hari libur nasional. Itu artinya, kaum pekerja akan memiliki long weekend pada akhir pekan depan. Sudah menyiapkan rencana liburan?
Meskipun penetapan tanggal 9 April sebagai hari libur dilakukan agar masyarakat leluasa dalam menyalurkan suaranya di bilik-bilik TPS, namun tetap saja itu bermakna memberikan libur panjang bagi kalangan dunia usaha.
KPU dalam websitenya mengumumkan, keputusan hari libur nasional itu tertuang dalam Keppres Nomor 7 Tahun 2009, tanggal 27 Maret 2009.
Keputusan tersebut merujuk pada ketentuan Pasal 4 ayat (3) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2008 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD, yang menyebutkan bahwa pemungutan suara dilaksanakan pada hari libur atau hari yang diliburkan.
“Bagi warga masyarakat, kalangan dunia usaha serta pemilih dengan keluarnya Keppres Nomor 7/2009 maka keraguan terhadap tanggal 9 April 2009 sebagai hari libur nasional terjawab sudah,” tegas KPU.
Dengan liburnya tanggal 9 April, maka pada pekan depan terdapat long weekend. Sebab pada 10 April merupakan libur nasional hari wafat Isa Almasih. Sedangan 11 dan 12 April adalah hari Sabtu dan Minggu yang lazimnya merupakan hari libur mingguan.
Bagi Anda yang berniat memanfaatkan long weekend tersebut untuk membuat acara liburan yang menyenangkan, hendaknya tidak lupa untuk mencontreng terlebih dahulu di bilik-bilik pemungutan suara.

Tags: