Indonesia Human Capital Summit 2016 Resmi Dibuka Menteri BUMN Rini Soemarno

indonesia-human-capital-summit-2016-by-fhci-3

Suasana pagi ini di Ballroom Ritz Carlton Pacific Place sangat meriah. Ini tak lain karena ada gelaran Indonesia Human Capital Summit 2016 yang diselenggarakan oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) mulai 27 hingga 28 Oktober 2016. Acara pembukaan dilakukan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dan Herdy Harman (Chairman of FHCI).

indonesia-human-capital-summit-2016-by-fhci-1

Dalam sambutannya, Herdy Harman menyebutkan gelaran kali ini diikuti oleh sekitar hampir 1.000 peserta. “Ini menjadikan IHCSummit2016 menjadi ajang SDM terbesar di Indonesia,” ujarnya. Herdy menambahkan bahwa kegiatan ini menjadi kesempatan emas bagaimana para talent di Indonesia bisa meningkatkan kompetensi dan kapabilitasnya.

Sementara itu, Menteri BUMN Rini Soemarno sebelum membuka acara menekankan bahwa Indonesia saat ini tengah menghadapi momen penting. “Indonesia akan surplus human capital. Tantangannya ini bisa menjadi anugerah atau malah sebaliknya menjadi bencana,” ingat Rini.

Rini juga mengatakan bahwa aset utama dari sebuah perusahaan adalah human resource-nya yang handal. “Untuk itulah, BUMN harus bisa meningkatkan usahanya, dan di saat bersamaan menjalankan fungsinya sebagai agen pembangunan. Perusahaan juga harus mendorong human resource-nya untuk memperkaya diri dengan belajar dari sekitar sehingga bisa membangun perusahaan,” katanya sambil memberikan tantangan kepada para BUMN untuk bisa menghasilkan human capital yang handal dan mampu bersaing di tingkat global.

indonesia-human-capital-summit-2016-by-fhci-6

Setelah sesi pembukaan, gelaran IHCS yang dimoderatori oleh Tina Talisa berlanjut dengan menghadirkan nara sumber pertama CEO GE Indonesia, Handry Satriago. Handry mengatakan bahwa dunia saat ini menghadapi situasi uncertain. “Namun begitu uncertain ini harus dilihat sebagai the biggest challenge for business,” katanya mantab. Handry mengingatkan bahwa seorang pemimpin harus mampu learn and adapt. Ia berujar, “Sayangnya banyak leader yang suka skeptis, padahal kalau saja kita bisa bersikap tepat, we can be a global leader. As long as we want it.

Yang menarik dari sesi selanjutnya bertajuk “Indonesia Talent Readiness to Win Global Market Competition“, tampil beberapa talenta inspiratif Indonesia, seperti produser dan sutradara Garin Nugroho, petinju juara dunia Chris John dan pebulutangkis juara dunia Taufik Hidayat.

indonesia-human-capital-summit-2016-by-fhci-3 indonesia-human-capital-summit-2016-by-fhci-4 indonesia-human-capital-summit-2016-by-fhci-5