Indomobil Finance Rayakan Ultah ke-13

Acara perayaan hari ulang tahun perusahaan bisa menjadi momen yang penting untuk melakukan introspeksi sebelum menentukan langkah ke depan. Itulah yang dilakukan oleh Indomobil Finance di hari jadinya yang ke-13. Selain mencanangkan target bisnis untuk tahun depan, mereka juga memberikan penghargaan kepada karyawan yang telah lama mengabdi.

Ulang tahun ke-13 Indomobil Finance Indonesia (IMFI) –anak perusahaan Indomobil Group- dirayakan dengan penuh kemeriahan di Klab Eksekutif Persada, Kompleks Halim, Jakarta Utara, Rabu (8/11/06). Acara digelar di tepi kolam renang dalam suasana hujan yang mengguyur menjelang petang. Dengan mengenakan seragam hitam-hitam, segenap karyawan dari berbagai cabang perusahaan tersebut di Jawa datang dengan wajah penuh suka cita.

Dalam pidato sambutannya, Presiden Direktur IMFI Wiwie Kurnia mengajak karyawan untuk bersama-sama mewujudkan komitmen bisnis pada tahun 2007 nanti. “Kita harus bisa menghasilkan 1,8 triliun penjualan, dan menjaga 2 persen overdue serta 10 persen peningkatan efisiensi,” kata dia.

Diingatkan, untuk menjadikan angka-angka itu nyata, semua pihak harus tetap mempertahankan prinsip yang selama ini dipegang perusahaan. “Kita hanya sedikit finance company yang konsisten menerapkan prinsip kehati-hatian,” kata Wiwie. “Kita tak mau ikut jor-joran seperti dilakukan banyak yang lain yang bermunculan belakangan,” tambah dia. Dengan menyebut referensi dari hasil riset yang dilakukan pihak lain, berdasarkan pertumbuhan dan kualitas overdue, Wiwie menegaskan bahwa IMFI termasuk salah satu perusahaan yang terbaik di bidangnya di Tanah Air.

Kilas-Balik dan Penghargaan

Lebih jauh, Wiwie mengajak segenap karyawannya untuk mengilas-balik perjalanan perusahaan hingga menjadi sebesar sekarang. “Dulu namanya Indomaru Finance dan saat terjadi krisis ekonomi kita sempat terpuruk. Karyawan dari 60 orang tinggal 15 dan semua alat sudah dilego,” kenang dia. Namun, berkat kepercayaan sebuah bank, Indomaru pun bangkit dan berubah nama seperti sekarang, dengan karyawan berjumlah 1936 orang yang tersebar di 151 cabang di seluruh Indonesia –per Oktober 2006.

Pada kesempatan yang berbahagia itu, IMFI memberikan penghargaan kepada karyawan yang telah bekerja selama 10 tahun. Penghargaan yang dimaksudkan untuk memotivasi karyawan itu jatuh kepada Asima Pristina, Tjinriawan dan Nono Marsono. Yang disebut terakhir kini berkedudukan di Surabaya dan menjabat Area Manager R2 Jawa Timur I.

Nono mengalami masa-masa ketika perusahaan bangkit dari keterpurukan setelah dihantam krisis ekonomi 1998. Dia mengaku bangga bisa ikut merasakan perjuangan tersebut. “Sempat terbersit kekhawatiran soal PHK waktu itu, tapi alhamdulillah perusahaan masih mempertahankan saya,” kenang karyawan yang mengawali karirnya sebagai staf marketing avalis itu.

Tags: