Hubungan Personal di Tempat Kerja Tumbuhkan Komitmen Karyawan

Di luar manajemen, banyak resep untuk menciptakan tempat kerja yang penuh sukses dan produktif. Sebuah penelitian baru menegaskan pentingnya membangun kepercayaan, kepekaan pada tujuan dan hubungan antarmanusia yang kuat untuk mencapai tujuan tadi.

Riset behavioral yang dilakukan oleh tim dari Universitas Harvard dan Rumah Sakit Umum Massachusetts menemukan, komitmen karyawan secara umum sangat dipengaruhi oleh kepekaan yang bersangkutan pada tujuan kerja, perasaan atas pengaruh seseorang dan kepercayaan menyeluruh dalam organisasi.

Sementara, produktivitas dipengaruhi oleh kualitas hubungan antarmanusia, termasuk sifat-sifat kooperatif dan interaksi kelompok sosial.

“Tempat kerja yang menyediakan lingkungan yang positif, yang mendukung berkembangnya kepercayaan interpersonal dan kualitas hubungan-hubungan personal akan melahirkan karyawan-karyawan yang penuh komitmen dan produktif,” ujar Nancy Etcoff yang memimpin penelitian.

Survei juga menemukan bahwa karyawan kepuasan karyawan secara signifikan meningkat oleh kepercayaan yang dibangun antarteman sekerja. Juga, makin peka seseorang pada tujuan seputar pekerjaannya, makin besar pula komitmen individualnya pada organisasi.

Karyawan yang produktif lahir dari kombinasi antara kepercayaan dan dukungan.

Pakar workplace relationship Courtney Anderson mengatakan, hasil riset tersebut menegaskan betapa pentingnya kini bagi kalangan pemimpin bisnis untuk membangun kepekaan pada kepercayaan dan tujuan dalam organisasi mereka.

“Menjadi pemimpin yang baik, dewasa ini, berarti harus lebih dari sekedar melaksanakan tugas. Sukses adalah menciptakan lingkungan yang mendukung anggota tim yang bahagia, berkomitmen dan produktif.”

Dari Hal Kecil

Dicontohkan, hal kecil yang bisa membuat perubahan besar adalah menaruh bunga-bunga di ruangan kantor. Studi membuktikan bahwa bunga-bunga bisa membangkitkan mood, interaksi sosial serta kreativitas dan produktivitas pada pekerjaan.

Tips lain yang diberikan adalah apa yang disebut oleh Anderson sebagai “Uneventful Management“, yakni kesiapan menghadapi hal-hal sulit di luar dugaan, dan menampilkan diri dalam tim dengan penuh perencanaan, tenang dan tegas.

Di samping itu, para manajer juga disarankan untuk memastikan bahwa komunikasi mereka jujur dan langsung, dan harus punya waktu untuk menginformasikan perkembangan perusahaan kepada tim.

Menurut Anderson, karyawan commit pada pimpinan yang memperlihatkan tiga kualitas, yakni percaya diri, kredibilitas dan fleksibilitas.

“Kadang-kadang kita menghadapi masalah berat, gagal dengan inovasi dan lain-lain,” ujar dia. “Melakukan hal-hal kecil seperti menaruh bunga sudut ruangan atau meluangkan waktu khusus untuk ngobrol dengan anak buah, akan membuat Anda bahagia di tempat kerja.”

Tags: