HR Executive Breakfast: Seleksi dan Assessment untuk Mencari yang Terbaik

Proses rekrutmen untuk mencari dan menemukan talent yang sesuai harapan sering gagal karena perbedaan persepsi antara pihak-pihak yang terkait dan berkepentingan. Yakni, job seeker, hiring manager dan staffing director.

Demikian diungkapkan oleh Konsultan Daya Dimensi Indonesia (DDI) Novi Laurina dalam acara HR Executive Breakfast Meeting di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (24/4/07).
Mengutip sebuah hasil penelitian yang dilakukan secara global, Novi mengingatkan bahwa sejak 1995 persaingan dunia usaha untuk mendapatkan talent semakin memanas. Setidaknya, begitulah yang diyakini oleh 73% pengusaha.

“Yang perlu ditekankan untuk para hiring manager dan staffing director, penelitian menunjukkan bahwa dari perspektif job seeker, 78 persen orang yang mencari kerja itu pertama-tama menginginkan kesempatan belajar dan berkembang di perusahan yang bersangkutan,” ujar dia.

Lebih jauh, Novi menekankan pentingnya pihak pengusaha untuk terus menjaga kesinambungan proses pasca-rekrutmen agar dicapai sukses yang diinginkan bersama. Dia merinci empat komponen yang harus diperhatikan agar karyawan mencapai performa yang mendukung tujuan perusahaan.

Pertama, behavioral competencies; kedua, exposure/experience; ketiga, techical and organizational knowledge; dan keempat, personal attributes. “Dari masing-masing itu bisa dijabarkan dengan kata lain, yakni what I can do, what I have done, what I know dan who I am,” jelas Novi. “Dan, ternyata, dari keempat komponen itu, 60% pengusaha lebih memilih personal attribute sebagai pertimbangan utama ketika meng-hire orang,” lanjut dia.

Tak kalah penting, Novi mengingatkan, setelah mempertimbangkan elemen-elemen tersebut, tentu harus disertai dengan sistem pengukuran yang tepat. “Assessment center hanyalah salah satu alat, namun sampai sekarang masih dianggap yang paling reliable,” tegas Novi.

HR Executive Breakfast merupakan forum bulanan yang digelar oleh Oracle, DDI, Multi Talenta Indonesia (MTI) serta PortalHR.com dan Majalah HC. Dalam kesempatan kali ini, tampil juga sebagai narasumber Solutions Product Consultant Oracle Diski Naim dan Managing Director MTI Irwan Rei.

Diski berbicara tentang keuntungan yang bisa didapat dari penggunaan software sistem HR. “Dengan sistem IT yang terintegrasi, HR bisa memuluskan semua proses seleksi, set up kriteria hingga assessment yang tepat,” ujar dia.

Sementara, Irwan Rei menandaskan, kondisi ideal yang dijanjikan oleh berbagai software HR baru bisa terwujud jika proses dasarnya dipenuhi terlebih dahulu. “Harus ada sistem HR-nya dulu sebelum melangkah ke sistem IT yang akan mengotomatisasi semua proses HR,” tegas Irwan.

Tags: ,