HR Butuh Kepemimpinan yang Brilliant

Kepemimpinan HR sangat diperlukan saat ini, ketika situasi bisnis global diwarnai dengan berbagai “krisis” dari talent war hingga kenaikan harga BBM. Tapi, kepemimpinan yang bagaimana, itulah pertanyaannya. Jawabnya: kepemimpinan dengan attitude yang “brilliant”. Demikian benang merah yang bisa ditarik dari presentasi pembuka The Asia HRD Congress 2008 yang disampaikan oleh CEO Brilliant Attitude Pty Ltd, Australia Bob Alwright di Jakarta Convention Center, Selasa (22/7/08) pukul 09.00 WIB.

Bob Alwright tampil sebagai keynote speaker dengan membawakan tema “Leading with Brilliance”. Dia menekankan pentingnya “brilliant attitute” bagi para pemimpin HR untuk mengelola karyawan dan mengantarkan bisnis perusahaan menuju sukses. Dipaparkan, pada prinsipnya ada tiga unsur yang menyusun sebuah attitute yang dibilang brilliant. Yakni, thought, feeling dan action. “Orang HR harus berani mengambil keputusan dengan feeling-nya, karena 82% tindakan manusia itu pada dasarnya tidak disadari,” ungkap dia.

Keynote Speech dari Bob Alwright merupakan mata acara pertama dari seluruh rangkaian Asia HRD Congress 2008 yang akan digelar hingga Kamis (24/7/08). Hari ini, hajatan besar kerjasama antara SMR Group Malaysia dengan PPM Manajemen Indonesia masih merupakan tahap pra-kongres. Untuk kongres hari pertama, Rabu (23/7/08) besok dijadwalkan Wakil Presiden Jusuf Kalla hadir untuk menyampaikan pidato sambutan, disusul pidato dari Meneg BUMN Sofyan Djalil. Tahun ini, Asia HRD Congress mengangkat tema besar “Leading Human Capital, Leading Organisations.”

“Mengapa tema ini yang diangkat, saya kira semua setuju bahwa organisasi yang sukses pasti ditopang oleh SDM yang hebat pula, dan aspek manusia ini tidak lagi hanya sebagai resource namun juga capital yang harus diperhitungkan,” jelas Direktur Pogram Pengembangan Eksekutif yang juga Ketua Umum Panitia Kongres Octa Melia Jalal.

Secara keseluruhan, kongres ini akan menampilkan 47 pembicara, 10 di antaranya dari Indonesia. Masing-masing selain akan berbicara dalam sesi-sesi keynote speech atau stadium general, juga akan tampil dalam kelas-kelas diskusi dan workshop yang mengangkat tema-tema khusus. Selain itu, kongres juga dimeriahkan dengan pameran dan malam Asia HRD Congress Awards Gala Dinner 2008.

Tags: ,