Hong Kong Masih Jadi Kota dengan Biaya Sewa Kantor Termahal

Hongkong3

Berdasarkan data yang dihimpun oleh firma real estate JLL, Hong Kong, London, Beijing, New York dan Shanghai menjadi 5 kota dengan biaya sewa kantor termahal di seluruh dunia. Data yang dihimpun sejak bulan Desember 2015 ini membandingkan harga-harga biaya sewa, biaya layanan dan pajak properti yang dibayarkan untuk menyewa ruang kantor.

Hongkong

Hongkong2

Kota-kota di Asia Timur seperti Hong Kong, Beijing, Shanghai, dan Tokyo termasuk dalam 10 peringkat teratas. Tidak hanya kota-kota di Asia Timur, London, New York, San Francisco dan Moscow juga masuk dalam 10 peringkat teratas dengan biaya sewa kantor termahal. Kantor yang menjadi perbandingan adalah kantor yang berlokasi di lokasi yang prestisius.

Baca juga: Hong Kong Jadi Kota Termahal untuk Sewa Ruang Kantor

Hongkong3

Biaya sewa kantor yang mahal sepertinya membuat para perusahaan menekan budget dengan tidak banyak merekrut orang baru. Kota Hong Kong memiliki jumlah lowongan pekerjaan hanya 1.2% pada akhir 2015. Meskipun Tokyo menjadi salah satu dari enam kota termahal di dunia, namun ternyata ia menjadi kota dengan jumlah lowongan kerja paling rendah, yakni hanya 2.2%. (*)