“Hiring Policy” Rahasia Google Tempat Kerja Favorit

Tidak hanya di Amerika, Google di Inggris juga merupakan tempat kerja favorit. Raksasa mesin pencari di internet ini pekan lalu menempati urutan teratas dalam daftar 50 Best Workplaces. Apa rahasianya? Ternyata sederhana, yakni terletak pada kebijakan perusahaan dalam merekrut orang. Direktur HR Google Inggris Liane Hornsey menyebutnya dengan istilah “obsessional hiring policy”. Inilah yang membuat Google sukses me-maintain semangat (kerja) karyawan dan tingkat retensi.

“Rahasianya, apa yang membedakan Google dari yang lain, kami memberikan perhatian yang besar pada hiring,” ujar Hornsey. “Kami berusaha sangat keras untuk menemukan orang-orang yang tepat, yakni orang-orang yang sesuai dengan budaya Google, sebab kami percaya bahwa jika Anda bisa meng-hire orang yang tepat maka hal-hal lainnya akan berkembang dari situ,” tambah dia. Hornsey menegaskan, perusahaannya tidak segan-segan menunggu beberapa tahun, mewawancarai ratusan pelamar, untuk menemukan kandidat yang sesuai dengan budaya perusahaan.

Google dikenal di seluruh dunia sebagai perusahaan yang royal terhadap karyawan dengan berbagai hadiah dan fasilitas. Tahun lalu, setiap karyawan Google di Inggris menerima sebuah sepeda. Di samping itu, perusahaan juga menyediakan makanan gratis setiap hari.
Pendek kata, tandas Hornsey, tim HR Google selalu membantu mendorong budaya kerja dan bukannya melakukan tindakan yang bersifat mengontrol.

Google juga tidak membatasi absensi karyawan karena sakit, dan hanya berharap karyawan bekerja keras 70% dari waktu mereka. Selebihnya, yang 30%, adalah kesempatan bagi karyawan untuk melakukan hal-hal yang bisa membuat mereka bekerja lebih baik, misalnya olah raga dan bermain.

“Orang tumbuh dan berkembang dalam organisasi yang dibangun di atas saling-percaya, dan itu memungkinkan mereka fleksibel dalam mengelola jam kerja sendiri,” ujar Hornsey.
Google menerima lebih dari satu juta lamaran tiap tahun, dengan tingkat turn over karyawan hanya 4,3%. Pemeringkatan Google di urutan pertama pada 50 Best Workplaces di Inggris berdasarkan survei atas 1,5 juta pekerja di 4000 organisasi yang dilakukan oleh Great Place to Work Institute.

Tags: