Hewlett-Packard Pangkas 9 Ribu Karyawan di Seluruh Dunia

Karyawan Hewlett-Packard (HP) di Inggris resah. Pasalnya, raksasa IT tersebut telah mengumumkan rencana untuk memangkas 9 ribu karyawaannya di seluruh dunia. Langkah itu diambil sebagai upaya penghematan senilai 700 juta dolar AS.
HP memang tengah mengambil sejumlah langkah untuk konsolidasi pusat-pusat data dan platform manajemen guna meningkatkan pelayanan. Di samping itu, mereka juga berencana mengotomatisasikan berbagai aspek pekerjaan yang ada.
Pemangkasan karyawan diharapkan mendatangkan penghematan biaya terhadap investasi. Pada 2008, HP membeli perusahaan jasa IT EDS dan menyatakan rencananya untuk memangkas sekitar 24.600 karyawan dalam tiga tahun.
Juru bicara HP menegaskan, PHK kali ini bukan merupakan bagian dari rencana pemangkasan dalam waktu tiga tahun tersebut. Yang jelas, PHK tersebut memicu kemarahan pihak serikat pekerja, dan mengundang keprihatinan pihak-pihak lain.
Jim Hansen dari Public and Commercial Services mengaku sangat prihatin mendengar rencana pemangkasan karyawan tersebut.
"Karyawan di kantor-kantor HP di Inggris sudah banyak mengalami PHK dalam dua tahun terakhir sejak akuisisi EDS yang sebenarnya mendatangkan keuntungan besar," ujar Jim.