Harga Saham Anjlok, Viacom Pecat CEO

Perusahaan konglomerasi media seraksasa Viacom Inc. ternyata bisa frustrasi juga. Karena harga sahamnya di pasar bursa terus tertinggal jauh di belakang, jaringan yang antara lain membawahi MTV itu memecat Tom Freston dari jabatan CEO dan menggantinya dengan Philippe Dauman, salah seorang mantan eksekutif Viacom sendiri yang sudah lama menjadi anggota dewan perusahaan.

Petinggi nomer satu Viacom Sumner Redstone mengumumkan penggantian jabatan itu di New York, Selasa, (5/9/06). Dia berharap, tim baru yang dibentuknya akan lebih agresif dan mampu bekerja lebih keras. Dauman (52) menggantikan Freston yang baru menduduki kursi CEO awal tahun 2006, ketika Viacom berpisah dari grup CBS. Oleh karenanya, kabar kepergian Freston dinilai mendadak dan mengagetkan kalangan investor.

“Kami pikir terlalu dini bagi dewan untuk mengganti Freston, yang merupakan eksekutif media yang berpengalaman,” kata seorang analis yang dikutip AP.

Kepada kalangan analis, Redstone (83) mengungkapkan dalam sebuah konferensi bahwa keputusan yang diambilnya itu sangat sulit. Namun, dia berkilah bahwa dewan perusahaan menginginkan sebuah tim manajemen yang agresif, yang mampu lebih mempererat hubungan dengan para investor.

“Satu sisi, kami mencintai Tom,” ujar Redstone. “Tapi, di sisi lain dewan merasa apa yang telah dia lakukan belum cukup…bahwa komunikasi dengan (bursa saham) Wall Street kurang baik, dan itu tercermin dari harga saham.”

Freston (60) telah mencatatkan prestasi sebagai eksekutif kunci yang dinilai berhasil mengantarkan MTV menjadi waralaba hiburan global sekaligus salah satu anak perusahaan Viacom yang paling berharga. Selain MTV, Viacom memiliki jaringan TV kabel Nickelodeon dan VH1 serta studio film Paramount. Sebelum mengganti Freston, Viacom telah menjadi berita berkaitan dengan menghentikan kontrak Tom Cruise dengan Paramount setelah 14 tahun. Redstone menegaskan, tidak ada kaitan antara pemecatan Freston dengan kasus Cruise.

Tags: