Harga BBM Naik, Perusahaan Bisa Izinkan Karyawan Kerja dari Rumah

Bekerja dari rumah kini bukan lagi sekedar bagian dari tuntutan karyawan akan keseimbangan antara hidup dan kerja. Menyusul kenaikan harga BBM di berbagai penjuru dunia, penting bagi perusahaan untuk mempertimbangkan opsi kerja jarak jauh bagi karyawan demi penghematan.
Selain menghemat pengeluaran pada sisi karyawan, kerja dari rumah juga sangat berarti bagi penghematan nasional khususnya dari sisi anggaran belanja untuk BBM. Telework Exchange di Amerika telah melakukan survei yang membuktikan hal itu.
Kerja dari rumah bukan berarti karyawan sama sekali tidak hadir di kantor selama sepekan penuh. Melainkan, perusahaan bisa menentukan sendiri polanya, misalnya dua atau tiga hari kerja di kantor dalam sepekan, selebihnya kerja dari rumah.
Sedangkan untuk soal-soal teknis yang berkaitan dengan bagaimana sebuah pekerjaan bisa diselesaikan dari rumah tanpa pengawasan, hasil survei yang dilakukan Telework memperlihatkan, hal itu bukanlah sesuatu yang tidak bisa dicarikan jalan keluarnya.
Dari 400 orang karyawan yang disurvei, 9 dari 10 percaya bahwa mereka bisa menyelesaikan, setidaknya sebagian, pekerjaan dengan baik dari rumah. Sedangkan sepertiga yakin benar, mampu menyelesaikan semua pekerjaan yang menjadi tanggung jawab mereka dari rumah.
“Jika lebih dari separo karyawan kerah putih bisa menyelesaikan pekerjaan mereka dari rumah, maka penghematan yang dicapai akan sangat berarti,” ujar GM Telework Exchange Cindy Austen.
“Kita tidak tahu sampai kapan harga BBM akan terus naik di masa-masa mendatang. Kita perlu mencari alternatif seperti kerja jarak jauh, untuk menghemat biaya. Di samping itu, kaum pengusaha juga perlu mempertimbangkan insentif-insentif lain untuk meretensi karyawan yang ada dan menarik karyawan baru untuk masuk.”
Menurut survei, lebih dari seperempat kaum pekerja mengaku sedang mencari pekerjaan baru yang memungkinkan mereka untuk menghemat waktu dan biaya transportasi. Selain itu, lebih dari tiga perempat mengaku mengubah gaya hidup mereka untuk mengurangi ketergantungan pada BBM.

Tags: