Hadapi Krisis, UKM Tetap Akan Rekrut Karyawan Baru

Kendati banyak prediksi yang menyebutkan bahwa tahun ini akan terjadi PHK massal akibat krisis global, namun di sisi lain tetap banyak perusahaan skala kecil dan menengah (UKM) yang bertekad untuk mempertahankan jumlah karyawannya. Bahkan, tak sedikit juga berencana untuk merekrut karyawan baru.
Menurut hasil survei Demikian hasil survei “Asia-Pacific Small Business Confidence Survey” yang diadakan oleh HSBC dan lembaga riset terkemuka TNS, 80% UKM Indonesia berencana untuk mempertahankan karyawannya dan 13% berencana meningkatkan jumlah karyawan. Hanya sebagian kecil UKM, yakni kurang dari 10% yang berencana mengurangi jumlah karyawannya.
Disimpulkan, UKM di Indonesia termasuk paling percaya diri dibandingkan UKM di kawasan Asia lainnya. Di tengah-tengah ketidakpastian akibat krisis, UKM Indonesia tetap mempertahankan pertumbuhan dan karyawannya.
“Di tengah-tengah kondisi pasar pada kwartal keempat 2008, hasil survei kami menunjukkan bahwa UKM Indonesia masih cenderung memiliki pandangan ke depan yang optimis,” ujar Head of Small and Medium Enterprises HSBC Indonesia Steven Miller ketika memaparkan hasil surveinya di Jakarta, Selasa (20/1/09).
Menurut Miller, UKM Indonesia mengambil pendekatan konservatif dalam aktifitas dan investasi mereka, dan secara umum mereka masih tetap kokoh dalam menghadapi tantangan 2009.
Lebih jauh survei juga mengungkapkan, UKM Indonesia cenderung mempertahankan rencana balanja modal mereka. Dilaporkan, 50% UKM tetap mempertahankan tingkat belanja modal mereka, dan bahkan 24% UKM berencana untuk meningkatkan belanja modal pada 2009. Sementara sebagian besar UKM di Asia mengurangi rencana belanja modal mereka.
Selain itu, 63% UKM di Indonesia juga masih percaya bahwa mereka dapat mempertahankan volume perdagangannya dengan China, dan 22% bahkan berencana menaikkan volume perdagangannya. Di level perdagangan regional Asia, hasilnya lebih menggembirakan lagi –71% UKM percaya pada 2009 masih dapat mempertahankan volume perdagangan mereka, 21% percaya adanya peluang peningkatan volume.
Survei dilakukan dengan menanyai para pembuat kebijakan di sejumlah perusahaan dengan kategori UKM mengenai pandangan mereka terhadap perekonomian enam bulan ke depan, serta tentang rencana investasi modal dan rekrutmen karyawan, dan harapan atas volume perdagangan terutama dengan China dan negara Asia lainnya.

Tags: , ,