Gus Irawan, CEO BUMD Terbaik 2010

Majalah Business Review kembali menggelar pemilihan BUMD dan CEO BUMD Award 2010. Dalam ajang ini, Dunamis Organization Services menjadi juri dalam kategori pemilihan CEO BUMD terbaik dan SDM terbaik.
”Untuk membangun BUMD yang unggul dan mampu bersaing tidak hanya di daerahnya saja, namun juga dalam skala nasional, diperlukan pemimpin yang unggul yaitu orang-orang yang bisa dipercaya, mampu memperjelas arah organisasi, mampu menyelaraskan sistem yang ada serta mampu memaksimalkan bakat individu-individu yang ada dalam organisasi tersebut,” ungkap Agi Rachmat, Direktur Dunamis Mitra Indonesia – salah satu divisi Dunamis Organization Services, dalam sesi workshop kepemimpinan yang diadakan sebelum malam penganugerahan penghargaan tersebut.
Adapun nama-nama yang mendapat penghargaan dalam ajang BUMD dan CEO BUMD Award 2010 adalah:
The CEO BUMD of the year BUMD Award 2010:
1. Gus Irawan – PT Bank Sumut
2. Hariyono – PT BPD Jawa Tengah
3. Muhammad Sigit. SE, M.Si – PD BPR Bank Sleman
4. H. Aminuddin – PT Bank BPD Kalimantan Timur
5. H. Djajadi, SH, MM – PDAM Delta Tirta Kabupaten Sidoarjo
The Best Human Capital Management System BUMD Award 2010:
1. PD BPR Bank Pasar Kulon Progo
2. PT Bank Sumut
3. PD BPR Sarimadu, Kampar, Riau
4. PT Gorontalo Fitrah Mandiri
5. PT BPD Kalimantan Barat
Untuk pemilihan CEO BUMD terbaik, Dunamis menggunakan sistem pengukuran Net Promotor Score (NPS) yaitu suatu pengukuran dengan skala 1 – 10 untuk mengetahui seberapa mau orang lain merekomendasikan produk/jasa/orang kepada orang lain.
Dalam melakukan pemilihan ini, Dunamis menyebarkan kuesioner di organisasi peserta untuk melihat seberapa besar karyawan tersebut menilai sang CEO dan merekomendasikannya kepada orang lain. Selain melakukan penilaian terhadap hasil NPS yang dikirimkan, penilaian juga dilakukan melalui proses interview dimana peserta memaparkan kinerja yang telah mereka capai sepanjang tahun 2009 – 2010.
Definisi penilaian CEO Terbaik adalah CEO yang mempunyai efektivitas kepemimpinan, prestasi dan terobosan selama memipin perusahaan tersebut, baik yang berguna bagi perusahaan maupun yang bermanfaat bagi perkembangan bisnis serta ekonomi daerah bahkan nasional.
Faktor-faktor yang dinilai pula dalam penilaian adalah kepemimpinan yang dalam terapannya mampu memberikan Direction (arahan), Motivation (motivasi), dan Guidance (bimbingan) kepada bawahan secara seimbang, baik melalui jalur performansi maupun jalur perubahan.
Sementara dalam pemilihan SDM BUMD terbaik (Human Capital Management System), perusahaan peserta diminta untuk mengisi form Human Capital Index (HCI) untuk mengukur seberapa efektif sistem Human Capital telah dijalankan di perusahaan tersebut.
Definisi SDM BUMD terbaik adalah organisasi yang memiliki sistem pengelolaan SDM dimana sistem tersebut memampukan organisasi: menarik dan memilih orang-orang terbaik, mendapatkan orang yang tepat untuk jabatan yang tepat, memastikan orang-orang diorganisasi terus tumbuh, dan mengakui serta menghargai kinerja hebat.

Tags: