Guru Profesi Paling Sulit Di Inggris

Guru kita kenal sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Perumpamaan itu tidak berlebihan mengingat perannya yang sangat penting bagi kemajuan dan kecerdasan anak bangsa. Menurut survey yang ditulis The Times of India, profesi guru disinyalir paling sulit dilakukan di Inggris. Faktor apa saja pemicunya?

Bukan hanya harus sabar menghadapi muridnya, ternyata rata-rata waktu mereka bekerja lebih lama dibandingkan profesi lain. Guru di Inggris rata-rata memiliki jam kerja 48 jam seminggu selama satu tahun, itupun telah dipotong liburan panjang.

Survey itu menambahkan bahwa lebih dari 80% guru khawatir bila lamanya mereka bekerja akan merusak kesehatan mereka. Dan 55% khawatir hal itu akan berdampak kepada kehidupan pribadi mereka.

Mereka “terpaksa” bekerja lebih lama guna menyiapkan bahan untuk mengajar. Bahkan 48% guru mengaku menghabiskan lebih banyak waktu mempersiapkan pelajaran daripada mengajar. Walhasil 78% mengatakan bahwa mereka merelakan waktu akhir pekan mereka untuk menyusun perencanaan pengajaran.

Dengan rata-rata waktu bekerja 48,3 jam seminggu, guru berada di bawah profesi manajer industri pertambangan dan energi dengan rata-rata bekerja 49,6 jam perminggu.

Beratnya profesi guru  dibenarkan oleh Louise Rogers, salah satu pengasuh blog guru Tesconnect. “Bukan hal yang mengejutkan bahwa guru adalah profesi yang paling sulit, setiap minggu para guru menghabiskan ribuan jam mempersiapkan pelajaran untuk kelas mereka,” ujar Rogers.

“Apalagi di saat yang lain mengambil waktu istirahat, guru sibuk mempersiapkan materi untuk minggu depan,” tambah Rogers.

Selain profesi guru, ada beberapa profesi yang dinilai sulit berdasarkan lamanya waktu bekerja. Diantaranya :

No. Profesi Waktu Bekerja
1. Direktur Iklan & Humas 42,2 jam/minggu
2. Manajer Keuangan 40,9 jam/minggu
3. Pekerja IT 39 jam/minggu
4. Chief Executive Officer (CEO) 38,5 jam/minggu
5. Pengacara 38,5 jam/minggu
6. Tenaga Medis 38,4 jam/minggu
7. Manajer SDM 38 jam/minggu
8. Hakim 36 jam/minggu
9. Akuntan 35,6 jam/minggu
10. Arsitek 33,7 jam/minggu

 

Dilihat dari statistik di atas, guru yang memiliki jam kerja rata-rata 48 jam seminggu jauh lebih lama dibanding profesi lain. Untuk itu mereka berhak atas gelar terbaik dari semua muridnya.

 

Tags: ,