Google Utamakan Pengembangan (Karir) Karyawan

Sukses besar yang diraih perusahaan internet Google membuat dunia berdecak kagum. Namun, di balik itu, bagi Direktur HR-nya, pertumbuhan yang berjalan cepat itu bukan tidak meminta biaya besar. Dan, itu tak lain masalah-masalah yang menyangkut manajemen sumber daya manusia (SDM).

Diungkapkan, sukses besar yang berlangsung dalam waktu cepat membuat Google menghadapi masalah-masalah kepegawaian yang khas. Direktur HR Google untuk Eropa, Timur Tengah dan Afrika Liane Hornsey kepada Personnel Today mengatakan bahwa mengatasi “luka-luka” akibat pertumbuhan merupakan tantangan terbesar yang harus dihadapi oleh fungsi HR.

“Begitu banyak perusahaan yang melaju kencang dan terdepan dalam inovasi, sangat kreatif dan bersemangat, tapi kemudian gagal dan menjadi birokratis,” tutur Hornsey.
“Selalu ada bahaya ketika (perusahan) Anda berkembang,” tambah dia. “Apa yang sekarang benar-benar sedang saya kerjakan adalah memastikan bahwa kami tidak kehilangan keseimbangan. Dalam hal ini, kami harus meneruskan apa yang telah kami mulai.”

Untuk tahun 2008, Hornsey menegaskan bahwa pengembangan karyawan akan menjadi prioritas utama. “Yang harus saya utamakan tahun depan adalah melakukan sesuatu yang benar-benar funky dan beda dalam hal pengembangan karir, sebab semua (direktur HR) tengah bertempur dengan masalah ini,” papar dia.