Google Tempat Kerja Terbaik 2007

Bekerja di Google identik dengan makanan gratis dan cemilan yang melimpah. Namun, tentu saja, faktor tersebut hanyalah salah satu faktor yang diperhitungkan oleh Majalah Fortune ketika menempatkan perusahaan search engine itu di peringkat satu daftar 100 Best Companies to Work For 2007.

Ada 11 kafe yang disediakan bagi karyawan Google di kantor pusat di Mountain View, Kalifornia. Melengkapi kafe-kafe itu, terdapat pula ruang-ruang snack yang selalu penuh dengan aneka makanan ringan, sereal, susu dan buah-buahan segar serta tentu saja tak ketinggalan minuman soda dan kapucino.

Salah seorang pendiri Google Sergey Brin mengatakan, “Kafe-kafe itu selalu menyediakan makanan enak dan sehat, tapi snack tidak (sehat), dan memadukan antara yang sehat dan tidak sehat itu merupakan tantangan tersendiri (bagi karyawan).”

Faktor makanan hanyalah salah satu alasan yang membuat banyak orang bermimpi, dan betah, bekerja di Google. Alasan lainnya masih berderet, termasuk teknologi yang hebat, opsi saham, hingga kepastian bahwa jutaan orang “akan menggunakan dan memuji perangkat lunak Anda.”

Di Google, karyawan juga bisa menikmati banyak fasilitas gratis seperti laundry, ganti oli, cuci mobil; bekerja di ruangan senam; menghadiri kelas-kelas latihan; pijit; belajar Bahasa Mandarin, Jepang, Spanyol dan Prancis; dan potong rambut.

Jika ada karyawan yang mereferensikan temannya untuk bekerja di Google, perusahaan akan memberi hadiah 2000 dolar. Melahirkan anak? Selamat! Perusahaan akan memberi uang reimburse untuk makanan bayi Anda selama 4 minggu pertama di rumah.

Punya masalah kesehatan? Jangan khawatir, tersedia lima dokter yang selalu siap memberikan check up, gratis. Tak heran jika orang-orang yang bekerja di Google, hampir semuanya, merasa diri mereka sebagai manusia yang paling menarik di planet ini.

Menurut data Fortune, Google diklasifikasikan ke dalam perusahaan berukuran sedang dengan jumlah karyawan (di Amerika saja) 6500 orang. Pemeringkatan Best Company to Work For tidak semata-mata didasarkan pada besarnya gaji, tapi kualitas lingkungan kerja secara keseluruhan. Dari benefit, angka pertumbuhan kerja hingga tingkat turnover karyawan.

Termasuk dalam daftar 100 Best Companies to Work For 2007 adalah Starbuck Coffee (No.16), Ernst & Young (No.25), Yahoo (No.44), Microsoft (No.50), Four Seasons Hotel (No.53), PricewaterhouseCoopers (No.58), Mayo Clinic (No. 62), Jones Lang LaSalle (No.66), Nike (No.69) dan American Express (No.74).

Tags: