Google, Starbucks Tempat Kerja Terbaik 2008

Kalau Anda fresh graduate yang sedang mencari kerja, atau profesional yang ingin pindah kantor, Majalah Fortune kembali mengeluarkan daftar tahunan perusahaan terbaik untuk berkarir. Tahun ini, Google masih menempati urutan tertinggi dan retail kopi Starbucks masuk sepuluh besar.

Beberapa perusahaan lain yang masuk daftar tempat kerja impian adalah Ernst & Young (57), Mayo Clicic (59), American Express (62), eBay (68), Nike (82), Microsoft (86(, Yahoo (87), Four Seasons Hotels (88), PricewaterhouseCoopers (90), FedEx (97). Starbucks berada di peringkat 7, naik dari peringkat 16 tahun lalu. Sedangkan Google tetap merajai seperti terjadi pada 2007 lalu.

Bertahannya Google sebagai jawara perusahaan impian antara lain karena nilai sahamnya menembus angka 700 dollar AS, dan 99% karyawannya mendapatkan pembagian saham tersebut. Google telah melahirkan banyak milioner. Perusahaan yang memiliki 8000 lebih karyawan di AS dan 4000 lebih di luar AS tersebut meng-cover 100% biaya perawatan kesehatan karyawannya.

Starbucks tidak menyediakan biaya perawatan kesehatan bagi karyawan, namun memberikan benefit lain yang tidak kalah menarik. Misalnya, fasilitas fitness di tempat kerja dan subsidi keanggotaan program kebugaran yang lain. Perusahaan yang telah menebar gerai-gerainya di seluruh dunia ini juga dikenal dengan program-program keseimbangan hidup dan kerja bagi karyawannya. Misalnya, pekan kerja yang diperpendek dan telecommuting.

Starbucks juga mengakomodasi keragaman, seperti tampak pada komposisi tenaga kerjanya di mana 66% perempuan dan 35% kaum minoritas.Riset Fortune juga melaporkan, Starbucks tidak memiliki kebijakan yang diskriminatif termasuk dalam hal orientasi seksual. Bahkan, pihak perusahaan memberikan tunjungan keluarga bagi pasangan menikah sesama jenis. Saat ini, Starbucks memiliki 134 ribu karyawan di AS dan hampir 70 ribu di luar AS. Posisi yang paling banyak diincar adalah store manager.

Tags: