Gaji PNS Oktober Dipercepat 25 September

Kabar gembira bagi karyawan kantor-kantor pemerintah atau pegawai negeri sipil (PNS). Departemen Keuangan (Depkeu) akan mempercepat pembayaran gaji Oktober, yang biasanya tanggal 1 setiap bulannya, menjadi 25 September. Hal ini dilakukan karena pada 1 Oktober bertepatan dengan hari pertama Hari Raya Idul Fitri, yang berarti libur nasional.
Penegasan mengenai pembayaran gaji PNS Oktober lebih awal tersebut secara resmi diumumkan oleh Depkeu melalui siaran pers yang ditandatangani oleh Kepala Biro Samsur Said di Jakarta, Minggu (14/9/08). Sebelumnya, secara lisan, Menkeu yang juga menjabar Menko Perekonomian Sri Mulyani juga telah mengungkapkan hal itu.
“Saya sudah minta kepada Dirjen Perbendaharaan dan Dirjen Anggaran agar seluruh pencairan gaji PNS dimajukan menjadi 25 September 2008,” ujar dia akhir pekan lalu seraya menambahkan, pihaknya telah memberitahukan rencana tersebut kepada Presiden, dan siap merealisasikannya.
Pemajuan pembayaran gaji PNS Oktober juga dilakukan atas pertimbangan pengaruhnya terhadap realisasi belanja negara. “Jumlahnya kan sangat besar, kalau pembayarannya menunggu tanggal 6 September 2008 akan terlalu lama, apalagi banyak yang sudah bertanya-tanya,” jelas Menkeu.
Sementara, Kabiro Depkeu Samsuar Said mengatakan, Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) selaku penanggung jawab pembayaran gaji dan pensiun PNS, melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) telah menyiapkan seperangkat aturan, di antaranya penerbitan Surat Edaran Nomor: 36/PB/2008 tanggal 12 September 2008 kepada seluruh Kepala Kantor Wilayah DJPb dan Kepala KPPN agar menyiapkan hal-hal teknis demi kelancaran pembayaran gaji yang dipercepat tersebut.
Sedangkan, untuk tindak lanjutnya ke daerah, Depkeu dalam hal ini Dirjen Perimbangan Keuangan (DJPK) sebagai penanggung jawab dan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dana transfer ke daerah, telah menyiapkan Surat Perintah Membayar (SPM) pada 18 September 2008, lebih maju dari kebiasaan yakni 23 setiap bulannya.
Dengan persiapan-persiapan tersebut, pembayaran gaji PNS (juga TNI/Polri) untuk Oktober 2008 dapat dilaksanakan pada 25 September, termasuk pembayaran pensiun untuk Oktober yang akan dilaksanakan pada 23 – 26 September 2008. Adapun untuk tunjangan hari raya (THR), menurut peraturan menteri tenaga kerja, dibayarkan selambat-lambatnya 7 hari sebelum hari raya.

Tags: