Gaji PNS Dipercepat, 26 Agustus ini

Menjelang lebaran, ada kabar gembira buat para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pensiunan. Ya, mereka ini akan menerima gaji lebih awal pada 26 Agustus untuk gaji bulan September 2011. Gaji yang dibayarkan lebih awal ini mengingat tanggal 1 September berbarengan dengan jadwal cuti bersama, libur lebaran.

Dalam keadaan normal, gaji PNS dan pensiunan biasanya dibayarkan setiap awal bulan atau persisnya tanggal 1. Khusus bulan ini, memang ada pengecualian. Hal ini mengingat Lebaran Idul Fitri 1432 H atau tahun 2011 ini jatuh pada tanggal 30-31 Agustus. Jadwal libur bersama telah ditetapkan mulai tanggal 29 Agustus, sampai 1-2 September. Tanggal 3 dan 4 September bertepatan dengan hari Sabtu Minggu, sehingga secara kedinasan kantor baru buka pada tanggal 5.

Keputusan pembayaran gaji bagi para PNS dan pensiunan ini, disampaikan oleh Menteri Keuangan Agus Martowardojo seperti dilansir detikcom di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (23/8/2011). Menurut Agus pemerintah telah mengkaji secara lengkap kesiapan untuk lebaran, dan yang menjadi topik hangat adalah tanggal 1 September karena berkenaan dengan tanggal gajian PNS khususnya pensiunan dan PNS.

“Pertimbangannya kalau seandainya tanggal 1 itu masuk kategori libur bersama, mereka akan sulit mendapatkan gajinya di tanggal 1 itu jadi harus tanggal 5. Jadi setelah dilakukan kajian pemerintah memutuskan untuk gaji pensiunan dan PNS untuk bulan September dimajukan untuk dibayarkan tanggal 26 Agustus,” ujar Agus.

Namun demikian Agus berharap dengan adanya pemberian gaji lebih awal ini, para PNS dan pensiunan tetap bisa mengelola keuangannya dengan baik sehingga tidak mengalami kesulitan keuangan hingga penerimaan gaji di bulan berikutnya. “Jangan sampai gaji itu diterima sebelum tanggal 1 dan kemudian dibelanjakan lagi tanpa pertimbangan matang, setelah itu sebulan ke depan malah susah,” tukas Agus mengingatkan.

Tags: