Gaji Manajer di Emerging Markets Meroket

tabel 2 hay group

Dalam waktu sepuluh tahun sejak 2001 hingga 2011, gaji manajer senior di beberapa negara yang sedang berkembang pesat (emerging markets) naik secara signifikan. Di China kenaikan hingga 3,5 kali, Indonesia 3 kali lipat dan Brazil 2,8 kali.

Sementara itu, di beberapa negara yang termasuk pasar yang lebih mature seperti Inggris dan Amerika, kenaikan gaji manajer senior sangat kecil. Dalam sepuluh tahun hanya naik 1,4 hingga 1,7 kali lipat. Kenaikan ini lebih tinggi di Eropa timur, yaitu 2 kali lipat.

Nick Boulter, Global Managing Director, Reward Services pada Hay Group mengatakan, “Selama 10 tahun terakhir kita menyaksikan pertumbuhan yang sangat cepat pada emerging markets, sementara itu pertumbuhan lambat bahkan penurunan terjadi pada mature markets.”

Hal ini salah satunya disebabkan oleh arus investasi yang secara signifikan mengalir dari perusahaan-perusahaan global ke pasar yang sedang muncul ini, untuk memanfaatkan biaya produksi yang lebih rendah dan kebutuhan konsumen yang bertumbuh pesat.

“Karena itu, perusahaan terus mencoba menarik dan mempertahankan talent kunci dalam emerging markets ini – apalagi ketika pada level ini talent yang dibutuhkan sulit dicari,” tambah Nick pada siaran pers kepada PortalHR.com.

Riset yang mengumpulkan data dari lebih dari 14 juta karyawan di 20,000 perusahaan di seluruh dunia ini menunjukkan di sejumlah negara emerging market gaji manajer sudah menyamai di mature market, bahkan di beberapa negara melebihinya. Gaji manajer senior di Brazil, Turki dan UAE saat ini sudah lebih tinggi dibanding di Amerika Serikat.

“Banyak perusahaan multinasional yang bekerjasama dengan kami terkejut – ketika hendak mengembangkan operasi mereka di emerging markets – karena level kompensasi di sana, terutama di tingkat manajer senior,” komentar Nick.

“Perusahaan harus berhati-hati dalam pasar penggajian yang terus berubah ini agar dapat bergerak efektif dan tetap kompetitif,” tambah Nick.

Walaupun masih jauh dari standar Eropa, Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang cukup menggembirakan. Lihat tabel di bawah ini.

 

Table showing a comparison of total cash levels in $ for senior management positions in 2001 and 2011

Tags: ,