Gaji ke-13 PNS Dibayar Akhir Juni

Segenap Pegawai Negeri Sipil (PNS) barangkali sudah tidak sabar menunggu gaji ke-13 yang biasanya dibayarkan pada bulan Juni. Tenang. Pemerintah sudah memberikan kepastian bahwa gaji ke -13 tersebut akan dibayarkan akhir Juni ini, atau selambat-lambatnya awal Juli.
Demikian diungkapkan oleh Dirjen Perbendaharaan Departemen Keuangan Herry Purnomo kepada wartawan di Jakarta, akhir pekan lalu. Depkeu akan membayar gaji ke-13 bagi PNS, TNI/Polri dan pensiunan sebesar 1 kali gaji paling lambat awal Juli 2009.
Ditegaskan, hal itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah No.42/2009 tanggal 8 Juni 200, mengenai pemberian gaji/pensiun/tunjangan bulan ketiga belas dalam tahun anggaran 2009 kepada pegawai negeri, pejabat negara, dan penerima pensiun/tunjangan.
“Jumlahnya sebesar penghasilan sebulan, yang diterima pada bulan Juni 2009,” ujar Herry. Ditambahkan, peraturan pemerintah (PP) mengenai gaji ke-13 tersebut sudah keluar dan akan diusahakan realisasinya pada bulan ini juga.
“Paling lambat 29 Juni. PP mengatakan, (harus) dibayar Juni, tapi paling lambat awal Juli. Ini semua untuk PNS, TNI/Polri dan pensiunan,” terang dia.
Menurut Herry, waktu pencairan dana gaji ke-13 tersebut memang sangat tergantung dari keluarnya Peraturan Dirjen Perbendaharaan Departemen Keuangan. Namun, dia memastikan, peraturan itu akan segera keluar.
“Kalau sudah keluar, sudah bisa ditagihkan,” ujar Herry seraya menegaskan kembali bahwa gaji ke-13 ini tidak ada kaitannya dengan pemilu presiden yang akan berlangsung. “Ini sudah bertahun-tahun diberikan,” tandas dia.

Tags: