Gaji Karyawan Bank Terlalu Tinggi?

Tingginya gaji karyawan bank masih menjadi salah satu faktor penyebab membengkaknya biaya operasional (overhead cost) perbankan. Hal ini berujung pada sulitnya bank menurunkan suku bunga kreditnya.

Demikian disampaikan oleh Direktur Direktorat Penelitian dan Pengaturan Perbankan Halim Alamsyah kepada Detikcom di Jakarta, Kamis (11/3/2010).

“Di dalam industri keuangan gaji harus jadi prioritas. Itulah overhead cost ini, dan satu hal yang perlu diperhatikan selama ini, masa transisi cukup panjang itu menyebabkan overhead cost yang tinggi,” jelas dia.

Lebih jauh Halim memaparkan, selain gaji karyawan, penyebab tingginya biaya operasional perbankan adalah karena investasi di IT dan pembangunan kantor cabang.

“Kita sudah meneliti juga biaya-biaya mana yang diusahakan agar tingkat overhead cost-nya bisa lebih efisien. Makanya kita akan terus mendorong agar himpunan-himpunan bankir lokal ditambah. Masyarakat bankir dibina kompetensinya agar dampak bagusnya bertambah lagi,” kata dia.

Ditambahkan, biaya-biaya yang masih tinggi tersebut juga menyebabkan perbankan sulit menurunkan tingkat bunga kreditnya. Menurut Halim, secara makro, suku bunga kredit bank masih tinggi.

“Dengan inflasi di bawah 4%, maka bunga kredit di 12%-13% masih tinggi. Seharusnya jika inflasi 4% maka suku bunga kredit 8%-9%. Itu kan menghitungnya dengan mengurangi suku bunga kredit nominalnya dan inflasi,” tutur dia.

Tags: