Gaji Direksi BUMN Lebih Besar daripada Presiden

Banyak direksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menerima gaji dan insentif dengan jumlah jauh lebih besar dibandingkan gaji presiden. Sehingga, mestinya tidak ada korupsi lagi.

Demikian sentilan yang disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat membuka “Indonesia Business-BUMN Expo & Conference” (IBBEX-2010) di Jakarta Convention Center, Kamis (23/9/2010).

“Direktur BUMN yang gajinya di atas presiden tidak apa-apa yang penting kinerjanya baik, jangan sampai gajinya 10 kali lipat dari presiden kinerjanya begitu-begitu saja,” ujar Presiden SBY yang malah disambut tawa para tamu yang hadir, yang mayoritas adalah para direksi BUMN.

Lebih jauh, Presiden SBY menggarisbawahi pidatonya tentang korupsi yang selama ini dinilai menggerogoti kinerja BUMN. Ditegaskan, pihaknya tidak akan mentolerir korupsi di BUMN.

“Zero corruption di BUMN, garis bawahi kata-kata saya, tidak ada toleransi korupsi di BUMN. BUMN harusnya efisien, harus zero corruption,” demikian Presiden SBY menggulang-ulang.

IBBEX 2010 yang berlangsung dua hari hingga Jumat (24/9) merupakan forum bagi pimpinan BUMN dan mitra usahanya untuk evaluasi dan merumuskan langkah strategis dalam rangka peningkatan daya saing peran dan kontribusi mereka terhadap BUMN ke depan.

Tags: