Facebook Tambah Karyawan 50 Persen

Saat perusahaan-perusahaan lain di Amerika Serikat dan seluruh dunia mengencangkan ikat pinggang, Facebook justru berencana menambah karyawannya sebanyak 50 persen dari total karyawan saat ini. Tak heran jika CEO dan pendiri situs jejaring sosial itu berbangga hati.

“Tidak ada perusahaan lain melakukan rekrutmen,” ujar CEO Facebook Mark Zuckerberg, Senin (24/8/09). Social media terpopuler di dunia saat ini tersebut kini memiliki 1.000 karyawan.

Rencana penambahan karyawan itu, menurut Zuckerberg, memang tidak seagresif rekrutmen yang pernah dilakukan perusahaan sejenis. Google, misalnya, menambah jumlah karyawannya hampir dua kali lipat setiap tahun sejak 2005 hingga 2008.

Meski pegawai bertambah, Zuckerberg berjanji tetap berhati-hati dalam membelanjakan dana perusahaannya. Sebab, ia menargetkan arus kas mulai positif tahun depan. Popularitas Facebook telah menarik lebih dari 250 juta pengguna di seluruh dunia, namun situs ini masih harus membuktikan dirinya cukup berharga bagi pengiklan.

Chief Operating Officer Facebook Sheryl Sandberg menargetkan, tahun ini pendapatan perusahaannya akan tumbuh 70 persen daripada pendapatan pada 2008. Anggota direksi Marc Andreessen menambahkan, Facebook akan membukukan pendapatan 500 juta dollar AS tahun ini. Pendapatan itu berasal dari iklan dan sistem pembayaran online.

Zuckerberg mulai mengembangkan Facebook dari kamarnya di asrama mahasiswa Harvard University pada 2004. Popularitasnya kini telah menarik perusahaan besar untuk berinvestasi.

Digital Sky Technologies, sebuah perusahaan investasi Rusia, membayar kurang dari 2 persen saham Facebook senilai 200 juta dollar AS. Itu berarti, keseluruhan bisnis Facebook bernilai 10 miliar dollar AS.

Tags: