Facebook, Perusahaan Paling Diminati untuk Magang

Tahun ini, Glassdoor kembali merilis hasil riset mengenai perusahaan apa saja yang menarik untuk dijadikan tempat magang di Amerika. Riset tersebut dilakukan pada para peserta magang itu sendiri dan menghasilkan 25 terbaik sebagai tempat magang. Facebook masih menduduki posisi pertama, belum tergeser dari tahun lalu. Sementara itu, setengah dari sepuluh perusahaan yang masuk top10 merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi. Hal ini bisa menjadi gambaran tentang ke mana arah karir yang diinginkan oleh para generasi muda saat ini.

Berdasarkan ulasan dari Mashable.com, berikut adalah perusahaan yang paling menarik untuk dijadikan tempat Magang, dilihat dari sudut pandang peserta magang itu sendiri:

1. Facebook

Facebook, sebuah situs sosial media tempat di mana banyak orang menghabiskan waktu berharganya itu menjadi perusahaan paling diminati oleh para peserta magang. Perusahaan ini mengantongi rating sebesar 4.6 dari 5 poin berdasarkan pendapat para pendapat dari responden.

“Anda bekerja pada persoalan yang sangat menarik, yang berpengaruh langsung pada lebih dari satu miliar orang”, ungkap salah satu peserta magang.

Baca juga: Facebook menerobos dunia kerja dengan Facebook at Work

2. Chevron

Perusahaan yang bergerak di bidang energi ini berhasil menggeser Google yang tahun lalu berada di posisi kedua.

“Keseimbangan antara dunia personal dan professional (work-life balance) di sini sangat bagus. Saya sangat menikmati profesionalisme dan kecocokan dengan orang-orang yang bekerja dengan saya saat ini”, ungkap salah seorang MBA intern di Chevron. Ia menambahkan bahwa Chevron juga sangat memperhatikan kebutuhan kesehatan dan kebahagian dari karyawannya.

3. Google

Perusahaan pengembang search engine terbesar di dunia ini menduduki posisi ketiga sebagai perusahaan terbaik untuk magang dengan rating sebesar 4.6. Akankah ini berhubungan dengan kantor Google yang unik?

“Jutaan orang memakai hasil kerja saya, sehingga meskipun hanya menjadi karyawan magang, saya merasa memiliki dampak (bagi banyak orang)”, demikian ungkap seorang peserta magang dari Departemen Engineer.

Menurut peserta magang yang lain, Google juga menyediakan kelas training tentang personal development.

4. Quicken Loan

Sebagai perusahaan penyedia jasa retail online pinjaman hipotek/pegadaian, Quicken Loans memperoleh rating sebesar 4.5.

“Perusahaan benar-benar mengedepankan pemikiran jangka panjang dan juga berkembang secara konsisten”, ungkap mantan peserta magang di perusahaan tersebut. Ia menambahkan, “bonus lainnya adalah kita selalu mendapatkan makan siang gratis”.

5. Ebay

Ebay adalah e-commerce paling populer di Amerika di mana Anda dapat melakukan jual beli apapun secara online. Perusahaan tersebut meraih rating sebesar 4.5 dan bertengger di posisi lima.

“Saya merasa begitu dihargai, dibimbing dan saya juga merasa bahwa saya adalah bagian dari mereka”, ungkap salah satu peserta magang dari Departemen Relasi Publik.

Ebay juga menjadi favorit karena programnya yakni menyediakan kue begel gratis untuk seluruh karyawan setiap hari Rabu.

6. Yahoo

Yahoo memperoleh rating sebesar 4.5 dan menjadi perusahaan keenam terbaik di mata pencari tempat magang.

“Yahoo adalah sebuah perusahaan yang hebat untuk bekerja. Orang-orang di sana sangat energetik dan berdedikasi”, ungkap peserta magang dari divisi teknik.

7. Epic Systems

Perusahaan developer software untuk keperluan perangkat kesehatan yang didirikan pada 1979 ini menduduki peringkat ke-7 dengan perolehan rating sebesar 4.4. Perusahaan ini berkantor pusat di Winconsin dan itulah mengapa terdapat gambar sapi di dalam website resmi mereka.

Seorang peserta magang di bidang software mengungkapkan bahwa selama magang di sana, ia mendapatkan proyek yang sangat jelas, meskipun begitu ia tetap mendapatkan fleksibilitas waktu.

8. Schlumberger

Schlumberger merupakan perusahaan jasa yang bergerak di bidang penyedian teknologi dan riset dari lahan pengeboran minyak (oilfield service) yang terbesar di dunia. Perusahaan yang sudah beroperasi di 85 negara tersebut mendapatkan rating sebesar 4.4.

“Sebagai seorang peserta magang, saya mendapatkan tugas dan tantangan yang nyata”, ungkap salah seorang mantan peserta magang.

9 NBC Universal

Perusahaan entertainment yang telah memproduksi beberapa pertunjukan seperti TODAY Show dan The Voice ini adalah satu-satunya perusahaan dari industri serupa yang masuk dalam jajaran top 10. Ratingnya 4.4 dan menduduki posisi 9.

“Mereka memiliki sebuah sesi professional development yang berkorelasi dengan pengalaman yang kita peroleh di department tempat kita magang,” seorang mantan peserta magang mengungkapkan.

10. Business Consulting Group (BCG)

Di posisi terakhir yang masuk dalam Top 10, ada perusahaan konsultan manajemen bisnis yakni BCG, yang memperoleh rating sebesar 4.4.

“Orang-orang yang bekerja di sana sangat ramah. Selain itu, perusahaan tersebut juga mengedepankan career development sebagai acuan dari pola pikir karyawan”, ungkap summer intern.

Baca juga: Magang, Jalan pintas masuk L’Oreal

Tags: ,