Facebook, Media Rekrutmen Sosial No 1 Dunia

world social network

Baru-baru ini Facebook telah mengumumkan jumlah penggunanya yang tembus 1 miliar. Itu berarti 1 dari 7 penduduk dunia, adalah pengguna Facebook. Indonesia tercatat sebagai negara tercepat pertumbuhan jumlah penggunanya dan banyak di antaranya yang menggunakannya pada jam kerja.

Hal ini membawa kita pada pertanyaan, bagaimana organisasi di seluruh dunia telah memanfaatkan Facebook maupun jejaring sosial lainnya untuk menjadi sarana rekrutmen, maupun aktivitas HR lainnya?

Jessica Miller-Merrel dalam blognya menulis, Facebook saat ini telah menjadi media sosial untuk rekrutmen nomor 1 di 127 dari 136 negara yang ada di seluruh dunia. Di bawah ini adalah tabel yang menunjukkan jumlah pengguna Facebook di berbagai negara.

Facebook menjadi Alternatif Perekrutan Pekerja

 

Gambar di atas menunjukkan Facebook telah mendominasi situs jejaring sosial di hampir seluruh dunia. Walaupun begitu, Facebook bukan satu-satunya jejaring sosial di dunia, seperti di Rusia Vkontakte dan Odnoklassniki adalah jejaring sosial paling populer di sana. Sementara Zing adalah jejaring sosial paling tenar di Vietnam. Facebook tidak punya taring di Cina, Qzone menjadi media sosial nomor 1, mengingat Facebook juga tidak diperkenankan di Cina. Sementara Drauglem adalah  jaringan social utama di Latvia.

Mengingat Facebook adalah media sosial terbesar di Indonesia bahkan dunia, apakah yang sudah dilakukan praktisi HR untuk memanfaatkan hal tersebut? Sudahkah Anda memetik manfaat dari kebesaran Facebook di Indonesia untuk mendapatkan talent yang tepat untuk perusahaan Anda?

Tunggu laporan kami  selanjutnya tentang rekrutmen via Facebook.

Foto: Siliconangle.com

Tags: ,