Facebook Jadi Perusahaan Idaman 2012

facebookOffice

Belum lama ini Glassdoor merilis daftar perusahaan-perusahaan yang menjadi best place to work pilihan karyawan untuk 2012, serta perusahaan-perusahaan mana yang dianggap paling mendukung work life balance. Siapa saja perusahaan tersebut?

Bekerja di sebuah perusahaan yang menyenangkan, nyaman, akrab, dan bersuasana kekeluargaan adalah impian banyak karyawan. Lantas, perusahaan mana saja yang sudah memenuhi kriteria tersebut. Adalah Glassdoor, perusahaan konsultan yang baru saja merilis temuan survei tahunan untuk dua kategori, best place to work dan work life balance.

Seperti dikemukakan Robert Hohman, CEO Glassdoor, survei tahunan yang sudah berlangsung keempat kalinya ini, melibatkan sebanyak 250.000 karyawan di 65 ribu perusahaan di Amerika Serikat (AS). Para responden diajukan 20 pertanyaan mengenai career development, compensation and benefit, feed-back, communication, dan work life balance.

Hasilnya adalah, untuk kategori Top 50 Best Places To Work yang ada di urutan 5 teratas adalah masing-masing; Bain & Company, McKinsey & Company, Facebook, MITRE dan Google. Sedangkan 5 perusahaan yang mendukung program work life balance, dengan skor tertinggi adalah; Nestle Purina Petcare, MITRE, SAS Institute, FactSet and United Space Alliance.

Masuknya Facebook sebagai tempat kerja idaman menarik untuk disimak. Jika Anda penasaran, review Glasdoor atas terpilihnya Facebook ini bisa dilihat di youtube. Dalam tayangan berdurasi 3 menitan ini sekilas digambarkan suasana kantor di markas Facebook yang terkesan santai dan membuat rileks para karyawannya. Apa saja sih fasilitas yang diberikan oleh Facebook kepada karyawannya?

Selain menghadirkan ruangan kantor yang nyaman, Facebook juga memberikan banyak benefit, diantaranya ada program meal (makan) tiga kali sehari, ada aneka snack dan minuman yang bisa dibuat sendiri di ruangan pantry. Malah, kalau perlu ada dosen dan guru kursus khusus untuk meningkatkan skills karyawannya, Facebook tak segan untuk mendatangkannya ke kantor. Di samping itu ada layanan kesehatan, program pensiun, jasa laundry dan beragam gathering yang bisa diikuti dengan tujuan agar karyawan satu dengan yang lainnya bertambah akrab.

Lori Gohler VP of HR & Recruiting Facebook menyebutkan, bisa bekerja di Facebook seperti bekerja di lingkungan yang penuh hiburan dan budaya. “Setiap hari Anda masuk kerja di Facebook dengan membawa kecintaan akan tergerak untuk membangun atau menciptakan sesuatu. Suasana kantor di sini benar-benar membantu kami untuk bisa fokus, dan hal ini penting untuk menumbuhkan kreativitas dan inovasi,” ujarnya yang diiyakan oleh Viola Alvares, Lead of Receptionist, Facebook dan juga oleh Serkan Piantino, Engineering Manager Facebook.

Sementara insight untuk tanggapan atas perusahaan yang paling mendukung work life balance, karyawan ternyata memberikan apresiasi kepada perusahaan yang berinisitif memberikan aturan kerja yang fleksibel. Fleksibilitas ini umumnya diberikan khususnya untuk para karyawan yang memiliki alasan keluarga atau dalam masa mengasuh anak-anak kecil, sehingga tercipta keseimbangan antara pekerjaan dan karyawan.

Perusahaan juga mendapat nilai positif dari karyawan, ketika ia memberikan kebebasan untuk telecommute, rencana pensiun yang jelas, dan etika kerja yang baik. Di samping itu, komitmen work life balance memang harus datang dari atas ke bawah dan mereka percaya di dalamnya. Inilah yang membuat karyawan memperlakukan satu sama lain secara adil dan baik. (rudi@portalhr.com/@erkoes)

Tags: ,