Dunamis Seleksi Calon Ketua Baru KPK

Konsultan Sumber Daya Manusia (SDM) Dunamis Organization Services mendapat kepercayaan dari Panitia Seleksi Calon Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk melakukan profile assessment terhadap 12 calon pimpinan KPK di Jakarta, Rabu (4/8/2010) lalu. Metode yang dilakukan berupa Harrison Assessment, Multidimensional Aptitude Battery Test, Focus Group Discussion dan Interview.

Dalam seleksi tersebut, masing-masing calon pimpinan KPK menjalani rangkain tes yang meliputiconsistency test, suitability test, multi aptitude test, group test serta individual interview. Rangkaian tes ini dilakukan untuk memenuhi kriteria profil calon pimpinan KPK sebagaimana yang ditetapkan.

Yang menarik, proses seleksi kali ini tidak hanya untuk melihat kompetensi para calon pimpinan KPK, namun juga mengetahui karakter pribadi mereka yang meliputi integritas, kemampuan, maturity, serta wawasan sebagai negarawan.

Pada seleksi pertama dilakukan suitability test dengan menggunakan Harrison Assessment. Tes tertulis ini dilakukan untuk membandingkan hasil konsistensi dengan nilai kecocokan, di mana hasil akhirnya akan dilihat bagaimana kesesuaian para kandidat untuk menempati posisi sebagai pimpinan KPK.

Seleksi berikutnya adalah Multidimensional Aptitude Battery Test yang mengukur daya tangkap, analytical thinking, kepemimpinan, kepercayaan diri, penyesuaian diri, stabilitas emosi, tanggung jawab, daya tahan, ketekunan, achievement serta social relationship.

Tahap terakhir adalah Interview yang bertujuan untuk menggali kompetensi secara objektif. Aspek-aspek yang diukur dalam proses wawancara meliputi: kematangan emosi dan kepribadian, integritas, transparansi, pengambilan keputusan, kepemimpinan, inovasi dan kemampuan menganalisis.

Setelah melalui rangkaian tes tersebut, terpilihlah 7 kandidat yang lolos seleksi, yaitu:
1. I Wayan Sudirta, SH
2. Dr. H. Fachmi, SH., MH
3. Prof. DR. Jimly Asshiddiqie, SH
4. Melli Darsa, SH., LLM
5. Irjen. Pol (Purn) Drs. Chaerul Rasjid, SH., MH
6. Muhammad Busjro Muqoddas, SH., M.Hum
7. Bambang Widjojanto, SH., MH

Dari ke-7 nama itu, Panitia Seleksi akan merekomendasikan dua nama kepada Presiden untuk dipilih menjadi calon pengganti pimpinan KPK. -(Firdanianty)

Tags: