Digital dan Social, tren terbaru Corporate Learning

IDSL 2014

IDSL 2014

“By bringing together people who share interests, no matter their location or time zone, social media has the potential to transform the workplace into an environment where learning is as natural as it is powerful.”(Marcia Conner, Author of “The New Social Learning: A Guide to Transforming Organizations Through Social Media”)

 

Pada tahun 2025, The Millennial Generation atau sering dikenal dengan sebutan Generasi Y (Gen Y), akan mengambil alih lebih dari 75% angkatan kerja di semua lini (HC Magazine, Nov-Des 2012). Ini baru salah satu contoh perubahan yang sedang terjadi dan dihadapi bersama.

Hal lainnya, adanya globalisasi, kompetisi, perkembangan teknologi dan munculnya karakter generasi baru yang unik, nyatanya tidak hanya mengubah cara pikir atau mind-set, tapi juga perilaku manusia. Dunia digital dan social media juga telah memaksa bisnis mengubah cara beroperasi. Tuntutan yang semakin beragam, membuat bisnis memerlukan solusi inovatif yang cepat dan tepat untuk segala bidang, termasuk dalam peningkatan kompetensi karyawan.

Sangat menarik untuk melihat bagaimana konsep dan proses pembelajaran berevolusi. Bergerak dari pengajaran formal dalam kelas, hingga berkembang menjadi konsep 70:20:10, berlanjut menjadi blended learning, serta berbagai bentuk pembelajaran terbaru seperti Social Learning. Konsep ‘belajar’ tidak lagi terasa menjadi suatu keharusan, namun kini menjadi kebutuhan.

Seiring dengan perubahan ini, faktor terkait lainnya pun mulai menyesuaikan diri. Bentuk kurikulum, konten, penyampaian, pengukuran, insentif, teknologi, menjadi bahan diskusi yang menarik, serta belangsung interaktif secara dua arah.

Top Learning Tools tahun 2013 didominasi oleh social tools online gratis. Sebut saja, Twitter, Google Drive/Docs, Youtube,Google Search, PowerPoint, Evernote, Dropbox, WordPress, Facebook, hingga Google+/Hangouts. Ini menandakan personal dan professional learning kini bahkan berada dalam genggaman masing-masing individu.

Inilah sebagian dari latar belakang mengapa Corporate University Telkom bersama PortalHR menggelar seminar dan eksibisi “THE 1ST INDONESIA DIGITAL AND SOCIAL LEARNING” selama 2 (dua) hari berturut-turut pada Rabu-Kamis, 24-25 September 2014.

Mari bergabung dalam komunitas di mana kita akan saling bersinergi melalui sharing session serta diskusi banyak hal terkait topik digital and social learning, di antaranya: strategi, konsep, tren terkini, riset, best-practices, dan tips mengenai corporate learning dalam era knowledge sharing dan collaboration.

Banyak narasumber kredibel dan kompeten, yang akan membuka wawasan serta pengetahuan untuk dijadikan bekal dalam pengayaan content dalam mengelola SDM di tempat organisasi masing-masing. Jadikan diri Anda menjadi bagian dari knowledge worker yang siap menghadapi tantangan perubahan digital di masa mendatang. (*)

Info selengkapnya dan pendaftaran: klik di sini.

Tags: , , ,