Di Kantor Lebih Lama, tapi Tidak Bekerja Lebih Banyak

Berapa jam Anda bekerja dalam sehari? Rumus tradisional yang berlaku di mana-mana adalah “9-5” alias dari pukul sembilan hingga lima. Tapi, dalam kenyataannya, mungkin tanpa tersadari, ada kecenderungan bahwa kita berada di kantor lebih lama dari itu, yakni 8-6.

Apakah itu berarti kita sebenarnya lebih rajin daripada yang kita duga?
Sebuah survei yang dilakukan atas 1000 orang karyawan di Inggris oleh Microsoft menemukan bahwa rata-rata jam kerja dewasa ini adalah pukul 8.37 hingga 5.37.
Separo mengatakan bahwa berada di kantor lebih awal dan pulang lebih lambat karena mereka merasa bisa melakukan pekerjaannya dengan lebih mudah ketika kantor berada dalam situasi yang tidak sibuk.

Namun, mengaitkan kecenderungan menghabiskan waktu di kantor lebih lama dengan hasrat ingin (lebih) sukses rupanya tidak menemukan kesesuaian di lapangan.
Meskipun banyak karyawan yang berada di kantor lebih lama, bisa dipastikan bahwa kebanyakan tidak benar-benar memanfaatkan waktunya untuk bekerja.

Penelitian tersebut menemukan, hampir tiga jam sehari lewat begitu saja tanpa sesuatu yang produktif. Yang paling banyak dilakukan adalah surfing di internet, yang menyita hampir satu jam 54 menit sehari. Sedangkan, merapikan dokumen-dokumen dan mengutak-atik komputer bisa menghabiskan waktu 46 menit.

Hal lain yang banyak dilakukan di kantor adalah bergosip, ditambah menelepon teman-teman, minum teh dan pergi ke toilet yang kesemuanya menyita waktu 35 menit.
Profesor Psikologi dan Kesehatan Organisasi pada Universitas Lancaster Cary Cooper mengatakan, dengan banyaknya selingan yang dilakukan karyawan di kantor-kantor modern, tidak mengherankan jika pikiran menjadi terpecah-pecah. Perubahan-perubahan kecil dalam cara orang bekerja bisa berdampak pada perubahan besar.

“Kita tidak harus membuat perubahan-perubahan drastis untuk merayakan hari kerja dengan lebih efesien dan lebih pendek,” kata dia. “Menghabiskan waktu untuk beres-beres dokumen atau memperbaiki kerusakan komputer bisa mengganggu pekerjaan Anda dan akibatnya, seperti diperlihatkan hasil survei ini, menyita waktu sampai dua jam.”
Cooper menyarankan, karyawan sebaiknya lebih meluangkan waktunya untuk mempelajari aneka macam tips dan trik yang mendukung pekerjaan.

Tags: ,