Di AirAsia, Semua Karyawan Adalah Bintang

Perusahaan penerbangan yang terkenal dengan mottonya “Now, Everyone Can Fly”, AirAsia memiliki cara yang unik dalam mengelola karyawannya. Melalui sebuah program yang diberi nama “all star campaign”, perusahaan menganggap semua karyawan adalah bintang sebab setiap individu punya fungsi dan peranan yang penting di bagian masing-masing.

“Prinsip kita one for all, all for one. Semua karyawan bekerja untuk perusahaan, dan perusahaan untuk karyawan,” papar People Manager AirAsia Indonesia Cecilia Sri Hayani dalam obrolan dengan PortalHR.com di Jakarta.

Namun, Cecilia mengingatkan, tidak gampang untuk bisa menjadi karyawan AirAsia. “Kita mengutamakan integritas, harus tipe yang bisa dipercaya dan tentu saja hard working,” terang dia seraya menambahkan bahwa orang tersebut juga harus punya kemampuan.

Lebih jauh dipaparkan, kemampuan seseorang tidak lepas dari ilmu yang sesuai kebutuhan, keterampilan dan pengalaman. Tak kalah penting dari itu, Cecilia juga menuntut orang yang memiliki karakter. “Faktor terpenting untuk membuat seseorang berhasil itu adalah dari dalam dirinya sendiri, yakni karakter,” ujar dia.

Sebagai perusahaan yang mengandalkan tiket murah, Cecilia sadar benar bahwa hal itu sama sekali bukan berarti mengesampingkan kualitas pelayanan. Nilai yang dikembangkan perusahaan adalah safety consious, semua karyawan harus sadar tentang keselamatan, serta peduli sesama teman dan pelanggan, tulus dan passionate.

“Tiap orang yang kita terima sebagai karyawan harus punya karakter-karakter itu,” tandas dia. Sebagai pimpinan HR, Cecilia mendukung keberhasilan karyawan dengan memberikan coaching. Dalam pemahamannya, coaching tak lain membuat orang percaya diri. “Mungkin ada karyawan yang di satu bidang merasa gagal atau melakukan pelanggaran, kita harus tetap bisa melihat potensinya di bidang lain, gimana dia bisa berubah dan percaya diri lagi,” terang dia.

Selain coaching, menurut Cecilia, HR juga harus bisa membuat team building untuk menyelaraskan semua bagian, menuju tercapainya tujuan perusahaan, yakni profit, sustainable growth, kepuasan pelanggan, dan happy employee.