Dengan Teknologi, Dunia Menjadi Ruang Kelas Anda

ASAP Conference Singapore

Dunia training dan teknologi adalah dua hal yang tak terpisahkan sejak dulu. Kini dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, banyak hal telah berubah dalam dunia pelatihan.

Menurut Christoper Pirie, General Manager Sales & Marketing pada Microsoft Learning, dengan kemampuan teknologi yang semakin canggih dunia pun telah menjadi ruang kelas bagi kita semua, karena banyak informasi dan pengetahuan yang tersedia dan dapat diakses secara gratis.

Internet telah mengguncang banyak model bisnis yang sebelumnya telah mapan. Menurut Chris, setidaknya ada 3 tren yang menandai dunia learning dan teknologi saat ini, yaitu disruptive (mengguncang), rapid pace of change, dan berskala masif. Hal ini disampaikan Chris pada salah satu sesi Keynote ASTD STADA Asia Pacific (ASAP) Conference yang baru berlangsung 31 Oktober-2 November yang lalu di Singapura.

Dari sisi IT ada 3 tren yang diamati Chris:

1. Device Proliferation;  contohnya komputer saat ini menjadi sangat murah dan ada di mana-mana.

2. Cloud Computing; yang memungkinkan pertukaran data dalam jumlah besar yang tidak dapat dilakukan pada era sebelumnya.

3. Natural User Interface; kunci dari keberhasilan semua tools IT adalah pada kemudahan penggunaannya sehingga user tidak perlu proses belajar ketika menggunakan suatu tools.

Chris mencontohkan Khan Academy yang mendapat pendanaan dari Gates Foundation sebagai contoh belajar di masa kini. Khan Academy menyediakan lebih dari 3.000 video pelajaran yang dapat diakses secara gratis melalui web.

“Era learning sekarang sangat open dan dapat menjangkau dampak yang masif,” ujar Chris sambil menambahkan bahwa semua ini tidak akan mungkin sebelum era cloud computing.

Dengan sifat yang sangat terbuka maka setiap orang dapat berpartisipasi dan juga tidak perlu biaya yang mahal. Di sisi lain hal ini juga berarti kompetisi yang dihadapi seorang trainer sekarang adalah kompetisi global.

“Ada trainer yang takut ada yang lebih baik dari dia di luar sana, di bagian dunia yang lain, yang saat ini sudah bisa diakses dengan dukungan teknologi,” ujar Chris. “Namun di sisi lain, Anda juga harus berpikir bahwa kesempatan untuk Anda juga maha luas untuk menunjukkan pengetahuan dan keahlian Anda kepada dunia,” pungkas Chris. (*/@mei168)

Tags: , , , , ,