Daripada Pangkas Bonus Karyawan Lebih Baik Hemat Energi

Dalam kondisi serba sulit sekarang ini, banyak pengusaha melakukan pengurangan biaya-biaya. Akibatnya, karyawan pun menjadi “korban” karena bonus-bonus juga termasuk elemen yang dipangkas. Padahal ada jalan yang lebih bijak, yakni dengan menghemat energi.
Langkah yang ditempuh oleh para pemimpin perusahaan  di Inggris bisa dijadikan contoh. Menurut sebuah survei, mereka kini lebih memprioritaskan efisiensi energi ketimbang memangkas bonus-bonus karyawan sebagai upaya untuk menghemat biaya.
Hal tersebut diungkapkan oleh lebih dari separo pimpinan perusahaan yang disurvei oleh Carbon Trust, sebuah lembaga yang dibiaya oleh pemerintah. Survei yang melibatkan 867 manajer senior tersebut juga menemukan bahwa dengan menghemat energi, bisnis bisa menghemat biaya.
Direktur Solusi pada Carbon Trust Hugh Jones mengingatkan, jutaan uang terbuang setiap hari oleh buruknya efisiensi energi. Ditambahkan, dengan efisiensi energi, banyak pekerjaan HR yang bisa dihemat.
“Riset kami memperlihatkan bahwa efisiensi energi lebih terukur (hasilnya) ketimbang melakukan PHK atau pengurangan gaji. Untuk pertama kalinya kita disadarkan bahwa menggunakan energi secara bijak bisa membantu secara ekonomi di era yang penuh tantangan ini,” ujar dia.
Ditegaskan, selain membantu bisnis, efisiensi energi tentu juga berdampak pada penyelamatan lingkungan. Oleh karenanya, perusahaan-perusahan yang bijak akan terdorong untuk melakukannya.
“Statistik baru kami membuktikan bahwa ketika perusahaaan mulai merasakan kesulitan akibat krisis ekonomi, hal pertama yang dilihat untuk penghematan biaya biasanya tagihan energi,” tambah Jones.
Jones menyerukan kepada segenap pemimpin perusahaan agar mengurangi emisi karbon. “Kita bicara tentang uang yang bisa dihemat dengan melakukan perubahan yang cepat dan mudah, misalnya dengan mendorong karyawan untuk mematikan komputer dan lampu, atau pendeknya menggunakan peralatan dengan bijak.”
Kedengarannya sepele, tapi diingatkan, upaya-upaya semacam itu sangat nyata dan substansial dalam menekan biaya tagihan energi. Dikatakan pula bahwa efisiensi energi merupakan salah satu langkah paling efektif untuk menekan biaya-biaya operasional bisnis dan meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan.

Tags: