Dahlan Iskan: Social Media Banyak Manfaatnya

Dahlan Iskan_PortalHR Summit 2012

DI hadapan 250 audiens yang hadir di Gala Dinner PortalHR Summit 2012, Menteri BUMN RI, Dahlan Iskan memberikan kuliah umum yang sekaligus menutup dengan manis perhelatan seminar dua hari yang berlangsung 17-18 April, di Jakarta. Banyak hal disampaikan oleh Dahlan Iskan, salah satunya termasuk social media.

Gala Dinner yang menghadirkan Menteri BUMN, Dahlan Iskan menjadi bagian tak terpisahkan dari event PortalHR Summit 2012. Menurut Malla Latif, CEO PortalHR, acara gala dinner ini memang ditujukan untuk para level Direktur HR/CEO untuk melihat highlight selama dua hari berlangsungnya PortalHR Summit.

“Yang mendasari adalah bahwa acara seminar ini menghadirkan banyak hal baru di dalam prakek HR, sehingga dengan mengundang Direktur HR/CEO maka hal yang didapat selama summit dapat didiskusi untuk mencari bersama solusi di organisasi masing-masing. Karena kita pecaya sesuatu yang baru perlu mendapat dukungan dari top manajemen agar bisa diimpelementasikan dengan baik,” ujar Malla saat membuka Gala Dinner yang berlangsung di Ballroom Ritz Carlton-Pacific Place, Jakarta, Rabu (18/4/2012).

Sementara itu N. Krisbiyanto, partner of PortalHR yang juga Chairman PortalHR Summit 2012, sebelum kuliah umum Dahlan Iskan dimulai, bersama Nukman Lutfie (founder of PortalHR), memaparkan executive summary, mengingatkan kembali tantangan utama bagi para praktisi HR ke depan di era digital. Nukman menambahkan bahwa para praktisi HR di Indonesia masih bersikap wait and see terhada fenonamena social media. “Memang ada ada hasil survei bahwa produktivitas menurun 1,5 kali setelah karyawan menggunakan social media, namun bukan itu intinya. Di sinilah, orang HR harus lebih kreatif dalam membuat program yang bisa mengarahkan kepada karyawan sehingga bisa meningkatkan karyawan,” tambah Nukman.

Nukman kembali mengingatkan, social media tidak bisa dihindari. “Lihat saja bahwa 80% aktivitas social media diakses dari smartphone, sehingga pelarangan akses social media hanya akan sia-sia saja. Jadi tipsnya sederhana, kuasai ilmu social media, nyemplung dulu, dan rasakan pengalaman di social media. Nanti akan ada insight, akan ada jawaban-jawaban dari persoalan yang muncul,” sarannya.

Dalam kesempatan Gala Dinner juga dilaksanakan beberapa penandatanganan kerjasama PortalHR dan pemberian sertifikasi dengan berbagai pihak. Pertama adalah penyerahan sertifikat kepada 5 siswa berprestasi dari Corsebaloong-SMK, sebuah konsorsium dari SMK yang ada d Jawa Tengah. Kepada 5 siswa ini, sertifikat diberikan langsung oleh Dahlan Iskan. Anak-anak muda ini telah dalam training untuk mengasah kemampuan menemukan energi terbarukan.

Kerjasama kedua adalah penandatanganan MoU (memorandum of understanding) antara Portal HR dengan PT PLN (Persero) dalam implementasi enterprise social network. Dalam hal ini PortalHR juga menggandeng Binus Enterprise sebagar partner.

Kerjasama ketiga adalah signing MoU antara PortalHR dengan SHRI (Singapore Human Resources Institute). PortalHR melalui lembaga konsultannya People Consulting akan berkolaborasi dengan SHRI untuk menyelenggarakan berbagai sertifikasi dan akreditasi di bidang Human Resources maupun non Human Resources. Ke depannya People Consulting dan SHRI akan terus menerus memperbanyak berbagai sertifikasi dan akreditasi yang dibutuhkan oleh organisasi di Indonesia.

Keempat, PortalHR bersama dengan BNI telah bersepakat untuk menerbitkan Kartu Kredit Affinity BNI- PortalHR Visa Platinum dengan mencamtumkan logo BNI dan PortalHR. Kerjasama ini didedikasikan untuk kampanyekan self development is a new lifestyle, yakni ajakan dan inspirasi kepada masing-masing individu untuk senantiasa meningkatkan kompetensi diri sendiri, dan tidak menggantungkan tanggung jawab ini kepada perusahaan.

Sebagai puncak acara, Dahlan Iskan memberikan kuliah umum dihadapan sekitar 250 audiens yang hadir di acara Gala Dinner. Dengan gayanya yang khas, mengenakan sepatu kets, Dahlan ‘menyihir’ audiens dengan bahasa sederhana tapi mengena.

Dahlan sempat sharing bagaimana ia memiliki pengalaman baru dalam bersocial media. “Saya sendiri juga heran, hanya dalam waktu 3 hari sejak saya punya akun di Twitter, followernya nambah terus hingga mencapai 50 ribu. Sekarang saya bingung mau ngapain, karena untuk menjawab semua mention jelas tidak mungkin khan,” katanya.

Namun demikian, Dahlan mengaku mendapat banyak manfaat dari social media. “Saya banyak teman tanpa harus ketemu, dan saya bisa mendapatkan informasi dengan sangat cepat,” imbuhnya.

Meski begitu, Dahlan harus tetap menjaga keseimbangan. “Benar bahwa dunia makin cepat berubah sehingga saya pun harus ikut arus tersebut. Di sisi lain, saya pun harus memastikan tetap ada orang yang mau panen padi di sawah maupun kelapa sawit di kebun-kebun,” tuturnya.

Yang jelas Dahlan optimis bahwa BUMN sebagai penopang perekonomian nasional, bisa bergerak maju jika SDM di dalamnya punya spirit yang kuat untuk terus mengupgrade ketrampilan maupun pengetahuan. Tampil secara singkat, karena ada acara lain yang harus dihadiri, kuliah umum Dahlan Iskan memberikan insight yang mendalam bagaimana pengelolaan SDM bisa membawa perubahan kepada bangsa ini ke arah yang lebih baik. (Tim PortalHR)

Tags: , , ,