“Cost Management” Strategi Hindari PHK

Dalam situasi bisnis yang tidak menentu akibat dampak krisis global sekarang ini, salah satu hal yang paling ditakutkan terutama oleh karyawan adalah terjadinya PHK. Oleh karenanya, perusahaan harus berusaha keras untuk menghindarinya. Salah satu caranya dengan menerapkan strategi cost management.

Demikian diungkapkan oleh Chief Corporate Organization & Human Capital PT Astra Internasional Tbk Ekuslie Goestiandi dalam acara 3rd Human Resource Expo ’08 di Hotel Borobudur, Jakarta. Ekuslie tampil pada sesi pleno pembuka, Rabu (19/11/08) dengan tema Managing HR in The Era of Uncertain Business.

“Bisa saja di masa krisis seperti ini gaji karyawan naik, tapi kalau pun itu terjadi harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Kita menerapkan cost management untuk menghindari PHK,” papar dia. Di samping itu, untuk menghindari PHK perusahaan juga melakukan konsolidasi.

“Kita menimbang kembali rencana-rencana ekspansi bisnis. (Ekspansi) kita turunkan atau kita kurangi. Ini untuk menghindari PHK, sebab kalau sampai itu terjadi, bukan hanya tidak baik bagi perusahaan tapi juga bagi negara,” ujar Ekuslie.

“Sejauh ini sih Astra masih tetap tenang, dan perusahaan dalam kondisi sehat. Saya berharap tidak akan ada PHK,” tambah dia. Lebih jauh Ekuslie berbagi pengalaman mengenai praktik manajemen SDM yang selama ini berlangsung di Astra, yang telah berhasil membuat perusahaan “tahan banting” menghadapi situasi krisis seperti saat ini. “Pada prinsipnya, strateginya ada dua, edukasi dan integrasi,” papar dia.

Dijelaskan, edukasi merupakan program terstruktur yang mencakup tak hanya soal-soal teknis yang berkaitan dengan bisnis dan kerja. Melainkan, juga pengembangan nilai-nilai budaya dan perilaku. Salah satu praktik yang juga termasuk dalam edukasi ini adalah manajemen “turba” alias turun ke bawah yang dilakukan oleh top management.

“Para pimpinan punya kebiasaan turun ke cabang-cabang, bertatap muka langsung, berinteraksi dan berdialog dengan karyawan untuk menanamkan pesan-pesan budaya perusahaan,” terang Ekuslie, seraya menambahkan, semua itu diintegrasikan dalam Human Capital Management System.

Rahasia sukses manajemen SDM Astra lainnya, yang telah mampu menghasilkan karyawan-karyawan yang memiliki kebanggaan besar terhadap perusahaan, adalah keterbukaan. “Kita tidak meretensi karyawan dengan kemewahan insentif melainkan dengan trust and respect, atau istilahnya meng-orang-kan karyawan,” ujar Ekuslie.
Human Resource Expo ’08 berlangsung Rabu dan Kamis (19-20/11) dan dihadiri sekitar 400 praktisi HR dari berbagai kota. Acara ini digelar oleh Intipesan.

Tags: ,