Buka Pabrik di Bekasi, General Motors Rekrut 800 SDM

General Motors (GM) telah mengumumkan rencana untuk merekrut sekitar 800 pekerja untuk pabrik baru di Indonesia. GM akan menginvestasikan US$ 150 juta untuk membuka kembali pabrik di Bekasi, Jawa Barat, Indonesia. Pabrik ini akan memulai produksi kendaraan baru untuk pasar lokal dan Asia Tenggara dalam waktu dua tahun.

Pabrik di Bekasi tersebut akan menambah fasilitas pabrik GM yang sudah ada di Rayong, Thailand dan Hanoi, Vietnam sebagai penggerak penting strategi pertumbuhan GM di kawasan Asia Tenggara. Pembukaan pabrik di Bekasi juga akan menarik basis suplai komponen dalam negeri sekaligus mendorong ekspansi jaringan dealer lokal GM.

“Ini adalah salah satu usaha yang paling signifikan yang telah kita buat di kawasan itu,” kata Martin Apfel, presiden operasi untuk GM Asia Tenggara, kepada para wartawan dalam acara media gathering. Ia menambahkan, keputusan untuk membuka kembali pabrik di Bekasi adalah perpanjangan dari komitmen GM untuk mempertahankan basis manufaktur yang kuat di Indonesia dan Asia Tenggara untuk memproduksi mobil berkelas dunia yang akan menginspirasi para pelanggan untuk membelinya.

“Kami berharap pabrik 11-hektar untuk mulai memproduksi 40.000 mobil pada tahun 2013. Untuk alasan inilah kami akan membuka 800 pekerjaan baru,” tambahnya. Apfel menjelaskan bahwa kondisi makro ekonomi membaik, dinamika pasar yang baik dan makin bertumbuhnya kelas menengah Indonesia adalah alasan utama di balik keputusan perusahaan untuk membuka kembali pabrik, setelah sempat menutup di awal tahun 2005.

Sementara itu President Director GM Indonesia, Marcos Purty, menambahkan,  komitmen GM ini adalah bentuk dukungan terkuat yang paling memungkinkan dari GM untuk Indonesia atas peran pentingnya di bisnis global. “Membangun dan menjual produk unggulan di Indonesia akan memungkinkan kami untuk mempertahankan pertumbuhan di dalam pasar yang penting ini. Pada saat yang sama, hal tersebut juga akan menyokong pertumbuhan ekonomi dan industri otomotif dalam negeri,” tambahnya.

Tahun lalu, penjualan GM di Indonesia meningkat sebesar 72% mencapai 4.500 unit. Pada semester pertama 2011, penjualan GM kembali meningkat 18% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya yang mencapai 2.500 Unit. Seperti diketahui GM adalah salah satu produsen mobil terbesar di dunia yang telah berdiri sejak tahun 1908. Dengan kantor pusat global di Detroit, GM yang memproduksi kendaraan dengan merk Baojun, Buick, Cadillac, Chevrolet, GMC, Daewoo, Holden, Jiefang, Opel, Vauxhall dan Wuling, kini mempekerjakan 202.000 orang di setiap wilayah utama dunia dan melakukan bisnis  di lebih dari 120 negara.

Tags: