Budgeting untuk Siasati Efek Upah Sundulan

josephine Regina

Biaya karyawan adalah komponen terbesar pengeluaran sebagian besar perusahaan. Bahkan, menurut Josephine Regina, SVP Rewards & Performance Management Bank Ekonomi, proporsi biaya tersebut bisa mencapai 70 persen. Dengan kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) tahun ini, perusahaan harus pandai membuat budgeting untuk menyiasati efek upah sundulan.

Dalam salah satu sesi workshop “How to make a Great Salary Review & Budgeting in 2013” yang diselenggarakan kemarin (31/1) di Jakarta, Josephine menjelaskan bagaimana peran HR dalam menyusun budgeting untuk antisipasi efek upah sundulan tersebut.

Yang sering terjadi adalah karyawan atau buruh meminta gaji setinggi-tingginya, sedangkan perusahaan berusaha seefisien mungkin agar profit. Adanya gap ini dapat menimbulkan gejolak jika tidak disikapi dengan bijak. Dalam hal ini, pemerintah memainkan peranan yang cukup besar yakni dengan mengeluarkan Upah Minimum Regional (UMR). Selanjutnya, perusahaan dituntut untuk cerdas melakukan budgeting dengan tetap mempertimbangkan UMR tersebut.

Menurut Josephine, dampak dari kenaikan upah minimum ini harus disiasati dengan penyesuaian skala upah. Kenaikan upah minimum tidak sesederhana yang terlihat, karena efeknya menaikkan banyak biaya yang lain, seperti Jamsostek, pajak, DPLK, asuransi, overtime, dll. Karena itu dalam membuat budgeting harus mengkalkulasi total pengeluaran perusahaan.

“Hal ini juga akan berdampak pada strategi perusahaan. Misalnya, ada perusahaan yang berpikir, mendingan saya mempekerjakan karyawan S1 daripada D3, operasional yang tadinya 3 orang menjadi 1 orang, atau secara gradual mengganti tenaga manusia dengan mesin,” ujar Josephine.

Josephine juga mengingatkan, struktur pengupahan sebaiknya dibuat sederhana sehingga mudah diterima. Struktur pengupahan ini juga harus selaras dengan struktur organisasi (internal), selaras dengan peraturan-peraturan terkait dan kondisi market (ekternal), dan selaras dengan strategi perusahaan.

“Dihadapkan pada peraturan pemerintah tentang UMR, perusahaan harus melakukan berbagai penyesuaian, termasuk upah sundulan yang bertujuan memotivasi karyawan. Tetapi hal ini juga harus mempertimbangkan kinerja dari karyawan, posisi, karakter, dan kapasitas karyawan tersebut  dan yang terakhir budget yang mampu dianggarkan oleh perusahaan,” pungkas Josephine. (*/@yunitew)

Tags: ,