Bos Lebih Stres Ketimbang Karyawan

Stress ringan kerap menghampiri para pengusaha yang sibuk menjalani rutinitasnya. Menurut survei yang dilakukan Gallup belum lama ini, 45% pengusaha mengalami “kekhawatiran” berlebihan ketimbang karyawan (42%).

Kecemasan itu lebih disebabkan pengaruh emosi akibat beban yang ditanggung wirausahawan lebih besar ketimbang karyawan. Mereka terkuras tenaganya untuk memikirkan keuangan perusahaan, pengembangan bisnis hingga resiko kesehatan karyawannya. Penelitian terhadap 270 ribu orang di Amerika tersebut juga membuktikan secara signifikan bahwa pengusaha cenderung lebih stres ketimbang karyawan pada umumnya.

Di sisi lain penelitian tersebut juga menunjukkan, pengusaha cenderung lebih optimis dibanding karyawan. Sekitar 30% pengusaha mengatakan lebih percaya diri mengenai masa depannya ketimbang karyawan (25%).

Menurut Dan Witters, Research Lead untuk Gallup Workplace, hal ini diperkirakan karena budaya wirausaha yang selalu berani mengambil risiko dalam bisnis, menciptakan pekerjaan, memunculkan produk-produk dan inovasi baru.

Untuk itu tidak heran bila laporan selanjutnya mengatakan bahwa pengusaha cenderung memiliki hasrat belajar yang lebih dan melakukan hal-hal yang menarik setiap hari ketimbang karyawan. Pengakuan tersebut diungkapkan 71% pengusaha, yang mengatakan mereka belajar sesuatu yang menarik setiap harinya dan 89% mengaku merasa “enjoy” dengan hari mereka. Sementara 66% karyawan mengaku kurang menikmati proses pembelajaran mereka dan 86% karyawan kurang menikmati harinya.

Penelitian Gallup tersebut menambahkan kendati pengusaha mengakui stress dan kekhawatiran menjadi bagian dari pekerjaan mereka, namun hal itu terobati oleh pengalaman positif saat mereka bekerja. Pengalaman mereka menjalankan bisnis mendorong hasrat mereka untuk belajar terus-menerus dan meningkatkan intelektual demi strategi dan rencana bisnis yang mereka harapkan. Dan kebebasan mereka untuk mengatur jadwal dan waktu kerja membuat proses tersebut menjadi lebih mudah untuk dijalankan.

Tags: , ,