Book Launch: Even Elephants Can Dance

Khasanah perbukuan kembali bertambah koleksinya dengan kehadiran buku baru Even Elephants Can Dance, Transformation Organizations Trough Strategy and Performance Execution Excellence (SPEx2). Buat para praktisi HR ini menjadi semacam pencerahan.

Peluncuran buku baru yang berjudul Even Elephants Can Dance, Transformation Organizations Trough Strategy and Performance Execution Excellence (SPEx2), berlangsung sederhana di Fab Café, Gramedia Grand Indonesia, Jakarta. Secara garis besar buku ini menjelaskan bagaimana sulitnya untuk membesarkan perusahaan. Tak hanya sulit membesarkan, tantangan yang tak kalah berat justru bagaimana mempertahankan kebesarannya.

Seperti diketahui, organisasi yang besar sering diibaratkan sebagai “gajah gemuk” yang cenderung bergerak dengan lamban. Di dunia bisnis yang semakin ganas dan dinamis, menjadi lamban merupakan awal dari “kepunahan”. Sejarah mencatat begitu banyak organisasi-organisasi besar kelas dunia yang sudah berdiri selama puluhan bahkan seratusan tahun tiba-tiba jatuh bangkrut karena gagal melakukan transformasi.

Buku Even Elephants Can Dance, Transformation Organizations Trough Strategy and Performance Execution Excellence (SPEx2) ditulis oleh tiga orang, yakni Suwardi Luis, yang saat ini menjabat sebagai Chief Executive Officer dari PT GML Performance Consulting. Suwardi berpengalaman memimpin ratusan proyek strategis dalam meningkatkan kinerja kliennya di bidang manajemen strategi, Balanced Scorecard, rekayasa proses, manajemen penjualan dan pelanggan.

Penulis kedua adalah Prima A. Biromo, Direktur di PT AG Indonesia, suatu perusahaan konsultasi manajemen yang khusus melayani perbaikan kinerja pelayanan dan tata kelola di organisasi pemerintahan melalui implementasi sistem manajemen terintegrasi dan reformasi birokrasi. Prima memiliki pengalaman yang intensif di dalam mengembangkan sistem manajemen strategi dan kinerja berbasis Balanced Scorecard bagi banyak klien di sektor bisnis.

Penulis ketiga Raymond Hadisubrata (Direktur di PT GML Performance Consulting), saat ini menjadi konsultan pengembangan organisasi serta tercatat aktif sebagai dosen paruh waktu pada Universitas Pelita Harapan.

Suwardi Luis menjelaskan, buku ini menjabarkan kerangka Strategy and Performance Execution Excellence (SPEx2), sebuah solusi untuk menciptakan kelincahan dalam formulasi dan eksekusi strategi. “SPEx2 merupakan sebuah sistem ampuh untuk memformulasikan strategi yang efektif dan mengeksekusi strategi tersebut menjadi kinerja yang unggul. Sistem SPEx2 telah terbukti dapat mendorong organisasi-organisasi untuk bertransformasi dari kondisi ‘gajah gemuk’ yang lamban menjadi ‘gajah kekar’ yang dapat menari dengan lincah dan dinamis,” katanya.

Di dalam buku ini, pembaca akan disuguhi topik menarik, diantaranya:

1)      Penjelasan lengkap dan sistematis mengenai sistem SPEx2 dan lima tahap beserta tools yang ada di dalamnya.

2)     Langkah-langkah manajemen perubahan dalam menghadapi hambatan-hambatan yang sering terjadi di dalam proses transformasi organisasi.

3)     Studi kasus yang riil dan menginspirasi dari berbagai organisasi besar maupun kecil di Indonesia, baik organisasi swasta, pemerintah, maupun nirlaba.

4)     Sebuah studi kasus berantai yang akan memberikan contoh terintegrasi mengenai proses implementasi SPEx2 dari tahap awal sampai tahap akhir.

5)     Laporan riset tentang manajemen strategi dan kinerja di Indonesia di tahun 2010-2011 untuk memperkuat pembahasan kerangka SPEx2

Dengan banyaknya insights, best practices, serta inspirasi yang ada di dalam buku ini, rasanya pas dibaca bagi bagi kalangan eksekutif, pengusaha manajemen profesional, UKM, dosen, dan mahasiswa untuk memperdalam wawasan tentang konsep-konsep manajemen strategi dan kinerja bagi perusahaan maupun organisasi. (rudi@portalhr.com)

Tags: ,