Bonus Akhir Tahun Karyawan Astra Bisa Sampai 18 Bulan Gaji

Untuk membuat karyawan happy, gaji bukan satu-satunya andalan. Bahkan, bisa saja gaji bulanan biasa-biasa saja, tapi bonus akhir tahunnya dibuat luar biasa. Itulah yang dilakukan oleh PT Astra Internasional Indonesia Tbk yang memberkan bonus akhir tahun kepada karyawan bisa sampai 1,5 tahun atau 18 bulan kali gaji.

Hal itu diungkapkan oleh Vice President Chief Corporate Organization & Human Capital Development Astra FX Sri Martono dalam acara The 2009 Human Capital National Conference dengan tema besar “Managing Talent in Uncertain Time” di Kampus PPM Manajemen, Jakarta, Rabu (2/12/09).

“Gaji nggak perlu gede-gede, tapi untuk talent yang benar-benar bagus harus ada perlakuan beda yang nyata dalam remunerasinya,” ujar peraih gelar MBA dari Newport University itu.

Sri Martono mengistilahkannya sebagai gula-gula. Yakni, sesuatu yang diberikan kepada talent-talent terbaik untuk mempertahankan mereka agar senatiasa loyal dengan perusahaan. “Tidak mesti selalu uang, tapi kalau di Astra memang untuk yang benar-benar bagus, kalau akhir tahun begini, bonusnya bisa sampai satu setengah tahun kali gaji,” ungkap dia.

Sedangkan untuk non-cash, gula-gula itu bisa berupa program-program pengembangan, misalnya dikirim ke berbagai short course di lembaga-lembaga pendidikan dan pelatihan terbaik di luar negeri.

Tak kalah penting daripada semua itu, Sri Martono mengingatkan bahwa karyawan juga perlu diberikan perhatian-perhatian kecil. Misalnya, diajak berdialog atau sekedar menyapa “selamat pagi”. “Hal-hal seperti itu penting retensi. Itulah sebabnya banyak orang yang pergi dari Astra kangen untuk balik lagi,” kata dia.

Lebih jauh Sri Martono menegaskan bahwa mengembangkan karyawan dan memberi mereka kesempatan karier hendaknya tidak dilakukan perusahaan berdasarkan kesempatan. Melainkan, harus lebih dilihat sebagai pilihan bagi perusahaan. “Artinya, dari awal memang harus diniatkan,” jelas dia.

Tags: