Blog Josef Bataona Diluncurkan Hari ini

SAMSUNG

Pernah saya mendengar ungkapan, mengobrol dengan seorang bijak sama nilainya dengan membaca ratusan buku. Itulah yang saya rasakan ketika berkesempatan mengobrol santai bersama Pak Josef Bataona pada suatu sore yang menyenangkan di kantor baru beliau.

Selama satu jam lebih kami mengobrol bersama mantan direktur HR Unilever itu, sebuah nama besar yang sangat dihormati di dunia HR. Keinginannya untuk pensiun setelah berhenti dari Unilver ternyata belum dapat terlaksana. Josef (58 tahun) dipanggil untuk menjabat HR Director sebuah bank nasional (Pada saat itu jabatannya belum diresmikan). Cerita dimulai dari moment tak terlupakan di Unilever ketika diadakan pesta perpisahan dirinya.

Josef menunjukkan beberapa foto persiapan pensiunnya. Tidak ketinggalan juga sebuah buku scrapbook hadiah dari kolega di Unilever yang selalu disimpannya. Buku bergambar pemandangan laut itu bertajuk “Josef Bataona, Journey of Making the Impossible… POSSIBLE.”

“Saya gak mau cerita itu lagi, nanti saya nangis lagi,” ujar Josef ketika ditanya tentang moment di pesta perpisahan itu.

Banyak cerita menarik hanya dari mengobrol satu jam lebih dengan beliau. Josef seorang yang suka bercerita. Mulai dari kupu-kupu hingga ikan paus, cerita mempunyai kekuatan luar biasa dalam menyampaikan sebuah wisdom.

Karena itulah kami merasa, sayang sekali rasanya apabila cerita-cerita dan kebijaksanaan itu tersimpan begitu saja dan tidak dibagikan.

Dari obrolan sore itulah muncul gagasan kami untuk membuatkan sebuah blog untuk beliau. Blog itu akan kami hadirkan di PortalHR.com agar para praktisi HR dan pemerhati manajemen sumber daya manusia mengenal lebih dekat dan merasa terinspirasi, sama halnya seperti kami.

Selain Josef Bataona, rencananya kami juga akan menghadirkan beberapa thought leaders lain dalam bentuk blog, sehingga dapat menangkap tidak hanya pemikiran-pemikiran mereka, tetapi juga hal-hal kecil, personal, namun menginspirasi. Tunggu di PortalHR.com.

Blog Josef Bataona saat ini sudah bisa diakses melalui www.josefbataona.com atau melalui Portalhr.com, klik menu Komunitas, kemudian Blog. Blog ini akan diresmikan peluncurannya sore ini di kantor Portalhr.com di Jakarta. (meisia@portalhr.com)

Tags: , , ,