Bir Bintang Teken PKB dengan Serikat Pekerja

PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI), produsen bir merek Bintang, telah melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang ke-13 untuk periode 1 Maret 2010-29 Februari 2012. PKB dilakukan dengan Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan Minuman (SP-RTMM)-Federasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSPSI) unit kerja Bir Bintang.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar menyambut baik dan berharap PKB tersebut menjadi acuan dalam pengelolaan hubungan industrial secara bipartit (antara pekerja dan perusahaan). Dikatakan, dengan adanya PKB, jika terjadi perselisihan hubungan industrial maka tidak perlu menggunakan cara-cara penyelesaian lapangan (demo) maupun proses pengadilan yang berbelit-belit dan berliku-liku.

“Fungsi PKB menciptkan hubungan industrial yang harmonis, sebagai hasil perundingan bipartit,” tegas Muhaimin saat menyaksikan penandanganan PKB Bir Bintang di Hotel Bidakara, Jumat, Jakarta (4/6/2010), seperti dilaporkan Detikcom.

Sementara itu Direktur SDM Bir Bintang Bambang Britono mengungkapkan, penandatanganan PKB tersebut merupakan bagian dari upaya perusahaan meningkatkan kinerja karyawan dan mendukung target perusahaan. “Ini sejalan dengan tema PKB, membangun keunggulan daya saing melalui penciptaan organisasi yang berkinerja tinggi,” tambah dia.

Bir Bintang saat ini telah memiliki unit produksi di Mojokerto dan Tangerang. Sementara, anak perusahaan Bir Bintang yakni PT Multi Bintang Indonesia Niaga memiliki kantor pemasaran dan penjualan di kota-kota besar, dari Medan sampai Jayapura.

Tags: