Bikin Ngiri… India Punya Kabar Baik Cuti Melahirkan Lebih Panjang Lagi

Maternity leave

Para ibu-ibu pekerja di Indonesia yang akan melahirkan bisa jadi iri dengan berita dari India ini. Pasalnya, Bandaru Dattatreya, selaku Menteri Ketenagakerjaan India, memberikan hadiah bagi para pekerja wanita di India. Apa itu?

Maternity leave

Dalam rangka Hari Wanita Internasional yang diperingati pada 8 Maret kemarin, Dattattraya berhasil membuat parlemen India menyetujui peraturan cuti melahirkan yang semulanya hanya 12 minggu, menjadi 26 minggu. Kebijakan ini pun disambut dengan bahagia oleh para ibu dan calon ibu di India.

Setelah perdebatan yang intens selama empat jam, peraturan baru ini akan diaplikasikan pada perusahaan yang memiliki 10 orang pekerja ataupun lebih dan akan berlaku pada dua anak pertama. Untuk anak ketiga peraturannya akan kembali mengikuti peraturan yang lama, yakni cuti melahirkan selama 12 minggu.

Menteri Wanita dan Pengembangan Anak, Maneka Gandhi, memuji disahkannya kebijakan ini. “Saya merasa sangat, sangat bahagia kami membuat sejarah baru. Sejarah ini akan membantu ribuan wanita dan akan memproduksi lebih banyak anak yang sehat. Kami sudah mengerjakan hal ini dalam waktu yang lama,” ungkap Gandhi bahagia. (*)

Tags: ,