Berkenalan dengan Gen Y di PortalHR Summit 2012

logo-portalhr-summit_posting3

GEN Y adalah generasi muda yang dilahirkan pada tahun 1979 hingga 1994, dan saat ini sudah masuk dalam dunia kerja. Mereka menginginkan freedom, customization, authority, dan memiliki high expectation terhadap dirinya sendiri.

Itulah sekilas definisi Generasi Y yang diungkapkan oleh Yulia Yasmina dalam sebuah sesi dalam PortalHR Summit 2012, 17 April di Ritz Carlton.

Mau tidak mau perusahaan harus menghadapi generasi tersebut sebagai bagian dalam tim karyawan mereka. Karakter unik yang dimiliki Gen Y ini menuntut perusahaan untuk lebih kreatif dalam menyusun rancangan sistem kerja bagi generasi muda tersebut sehingga kemampuan mereka teraktualisasi secara optimal.

Menurut Yulia, seperti yang sudah diaplikasikan di Accenture, perusahaan management consulting tempat ia bekerja, salah satu cara untuk memberdayakan gen Y adalah dengan melakukan customization. Mereka hendaknya dibebaskan untuk memilih skema kerja seperti apa yang mereka inginkan. Misalkan saja mengenai kompensasi, kita berika pilihan rumus pemerolehan kompensasi tersebut dan biarkan mereka menentukan sendiri kompensasi mereka dengan cara yang mereka inginkan. “Let them drive their own compensation,” ujar Yulia.

Sebagai narasumber kedua, hadir pula Marta Jonatan, HR Director Microsoft Indonesia. Tema yang dibahas tak jauh dari pengelolaan Gen Y. Marta mencontohkan Microsoft sebagai perusahaan yang sebagian besar karyawannya adalah bagian dari generasi muda. Lalu apa yang dilakukan Microsoft untuk mengoptimalkan kinerja karyawannya tersebut?

Flexibility. Itulah kata kunci yang melandasi kesuksesan Microsoft Indonesia, yang dibuktikan dengan terpilihnya perusahaan tersebut sebagi The World Best Workplace tahun 2011. Fleksibilitas karyawan Microsoft ini dapat dilihat dari cara mereka berpakaian saat bekerja, jam masuk kantor, dan tempat kerja dengan desain yang menarik. Kepada seluruh karyawan, ia senantiasa berpesan, “Come as you are do what you love and love what you do!” (TW)

Tags: ,