Berkat Mobile dan Cloud, Kerja jadi Fleksibel

HARUS diakui bahwa perkembangan teknologi telah membawa pengaruh besar di tempat kerja. Munculnya aplikasi mobile dan layanan cloud telah menawarkan fleksibilitas ke tempat kerja di seluruh dunia. Hampir tiga perempat bos saat ini mengaku tidak bermasalah lagi dengan karyawan yang datang terlambat karena yakin bahwa karyawannya sedang bekerja di tempat lain. Bahkan, evolusi sikap majikan untuk kerja yang fleksibel telah melampaui harapan para karyawan, meski masih ada lebih dari 50% karyawan yang percaya mereka akan bermasalah bila tidak datang tepat waktu.

Temuan menarik ini muncul dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Mozy research, melibatkan lebih dari 1.000 karyawan di AS, Inggris, Jerman, Perancis dan Irlandia dan juga mengajak partisipasi para pemilik perusahaan. Hasilnya, 73% bos memiliki sikap santai untuk menjaga waktu, karena mereka percaya staf mereka bekerja jauh sebelum mereka sampai ke kantor. Para bos rata-rata bersedia menutup mata kepada karyawan yang sampai 32 menit terlambat dan membiarkan staf menghabiskan sampai seperempat dari seminggu dengan bekerja dari rumah.

Sikap ini tentu saja didorong oleh pertumbuhan dalam hal penggunaan teknologi mobile. Tiga perempat dari pemilik perusahaan sekarang memberikan alat mobile kepada tim mereka untuk memberdayakan karyawannya dengan harapan memudahkan pekerjaan mereka yang bisa dilakukan di manapun mereka berada. Pola kerja bergerak dalam korelasinya dengan ketersediaan alat mobile ini pun membawa pengaruh bekerja secara lebih santai. Namun, hanya 11% pekerja dapat mengakses segala sesuatu bergerak yang mereka dapat di kantor – yang berarti bahwa masih ada ruang untuk pertumbuhan.

Survei ini menyoroti pendekatan untuk mencapai work-life balance dari para pekerja saat mengawali dan mengakhiri hari kerjanya maupun waktu yang dihabiskan di kantor. Namun, mereka berharap untuk dapat segera merampungkan tugas-tugas personalnya di kantor sehingga mereka memiliki waktu istirahat yang cukup untuk kemudian bisa menikmati kegiatan sosial atau aktivitas lainnya.

Hasil survei juga menunjukkan bahwa hari-hari bekerja 9-to-5 akan segera berakhir. Rata-rata orang mulai memeriksa email kantor mereka pada jam 7:42 pagi, masuk ke kantor pada 8:18 pm, meninggalkan kantor pada pukul 5:48 dan berhenti bekerja sepenuhnya di jam 19:19.

 

Tags: , ,